Cara Jitu Amankan Akun Twitter Agar Tidak Kena Hack

Luthfiana Mifta . July 16, 2020


Foto: CISSReC


Teknologi.id - Beberapa saat lalu, ramai berita mengenai akun Twitter milik beberapa tokoh terkenal seperti Elon Musk, Bill Gates, Jeff Bezos, hingga Barack Obama yang telah diretas. Peretasan ini diketahui setelah munculnya cuitan dari akun mereka yang isinya kurang lebih sama yaitu agar para pengguna Twitter mengirimkan sejumlah nominal Bitcoin pada tautan tersebut dan berjanji akan mengirimkannya balik hingga dua kali lipat.

Nah, buat kalian pengguna Twitter ada baiknya nih untuk memastikan keamanan akun, entah kalian pengguna biasa atau yang terverifikasi alias diberi centang biru. Berikut ini kami memiliki beberapa cara untuk meningkatkan keamanan akun Twitter kalian:

Baca juga: Gawat! Akun Twitter Bill Gates, Elon Musk, hingga Barack Obama Diretas Hacker

1. Verifikasi masuk

Foto: technastic

Verifikasi masuk adalah lapisan keamanan tambahan untuk akun kalian. Verifikasi masuk akan melakukan pemeriksaan tambahan untuk membantu memastikan jika hanya kalian yang dapat mengakses akun tersebut, sebab hanya orang yang memiliki akses ke password dan nomor ponsel kalian (atau kunci keamanan) yang diizinkan masuk. Caranya yaitu:

2. Ubah password 


Foto: HowtoGeek


Jika melihat akun-akun yang berhasil diretas, hampir semuanya adalah milik para tokoh-tokoh terkenal yang bahkan akunnya telah terverifikasi atau diberi centang biru. Dengan begini, asumsi terburuknya adalah adanya kemungkinan bahwa hacker sudah memiliki semua database akun Twitter. Oleh karena itu, ada baiknya kalian untuk mengganti password ke yang lebih kuat. Caranya:

  • Klik gambar profil kalian di aplikasi Twitter, kemudian pilih Settings
  • Klik Change password di bagian Account
  • Masukkan kata sandi terdahulu, kemudian masukkan kata sandi baru.
  • Pastikan kata sandi baru kalian minimum terdiri dari 10 karakter (semakin panjang, semakin baik). Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Gunakan password berbeda untuk tiap situs atau layanan yang kalian kunjungi. Jaga password kalian di tempat yang aman. Pertimbangkan menggunakan apikasi pengelola password untuk menyimpan semua informasi login secara aman.
  • Jika sudah, klik Save changes

Baca juga: Tak Peduli Serangan Amerika, Huawei Catat Penjualan Terbaik di Paruh Pertama

3. Waspada tautan mencurigakan


Foto: infokomputer


Jika kalian menerima Direct Message atau DM (bahkan dari teman Anda) dengan URL yang terlihat janggal, Twitter merekomendasikan untuk tidak membuka tautan itu. Selain itu, selalu pastikan kalian membuka halaman Twitter.com sebelum memasukkan informasi login. Domain Twitter akan selalu memiliki https://twitter.com/ sebagai domain dasarnya.

4. Update Twitter dan pastikan anti-virus terpasang


Foto: Harapanrakyat


Pastikan kalian selalu update versi terbaru Twitter, anti-virus, browser dan juga sistem operasi di perangkat kalian. Update software seringkali dirilis dengan patch untuk mengatasi ancaman keamanan spesifik. Pastikan juga kalian melakukan scan perangkat secara rutin untuk mendeteksi virus, spyware, dan adware ya.

5. Cek akun kalian


Foto: wpepitome.com


Jika akun telah disusupi atau diretas tetapi kalian masih dapat masuk, gunakan halaman untuk mengecek apakah akun kalian disalahgunakan di Pusat Bantuan Twitter. Laman tersebut akan membantu kalian mengamankan akun dan menghentikan perilaku yang tidak diinginkan.

Semoga cara-cara di atas bisa membantu kalian untuk mengamankan akun dari hal-hal yang tidak diinginkan. Twitter mengingatkan bahwa pihaknya tidak akan pernah meminta pengguna untuk memberikan password melalui email, Direct Message, atau reply jadi kalian harus mulai bijak dan berhati-hati ya.

Baca juga: Daftar Aplikasi Belajar Online Terbaik Untuk Siswa

(lm)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya