Daftar Aplikasi Belajar Online Terbaik Untuk Siswa

Luthfiana Mifta . July 15, 2020


Foto: 123rf


Teknologi.id - Bagi kalian yang memiliki adik atau saudara yang masih duduk di bangku SMA, SMP, ataupun SD pasti menemukan kesulitan saat belajar, apalagi di masa pademi seperti saat ini, dimana mereka diharuskan belajar dari rumah.

Kebanyakan dari mereka merasa kesulitan untuk memahami pelajaran yang diberikan secara online tersebut, terutama pelajaran matematika. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan hasil ujian yang kurang bagus.

Nah, kami memiliki rekomendasi beberapa aplikasi untuk belajar online terbaik.

Baca juga: Focus Mode di Android 10, Bantu Tingkatkan Konsentrasi

1. Ruangguru


Foto: Ruangguru


Ruangguru menjadi aplikasi belajar online terpopuler di Indonesia saat ini. Platform ini menyediakan layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasinya.

Ruangguru bahkan turut memberikan sumbangan gratis bagi para pelajar yang harus belajar dari rumah selama wabah virus Corona ini. Terdapat 250 video dan modul pelatihan guru yang bisa digunakan selama 1 bulan di aplikasi Ruangguru. Ruangguru juga membuka sekolah online gratis sejak 16 Maret 2020 lalu, dimana sekolah online ini diadakan mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB dan berlangsung dari hari Senin sampai Jumat. 

2. Zenius


Foto: Zenius


Aplikasi belajar online Zenius menyediakan layanan belajar mandiri secara gratis dengan puluhan ribu video materi belajar yang lengkap untuk SD, SMP, SMA dan SMK yang telah disesuaikan dengan kurikulum KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi. 

Selain itu siswa dapat mengakses materi belajar lengkap untuk persiapan UNBK, UTBK, SPMB STAN, SIMAK UI, ataupun UTUL UGM, serta memperoleh tips belajar. Menariknya, selain gratis, semua video belajar dihadirkan dalam format whiteboard. Jadi penggunaan aplikasi ini dijamin hemat kuota.

Baca juga: Cara Menggunakan Tweak iPhone, Agar Kualitas Tidur Lebih Terjaga

3. Quipper


Foto: Quipper


Quipper merupakan perusahaan teknologi pendidikan yang berdiri pada tahun 2010 di London, Inggris. Sejak tahun 2015, Quipper telah menjadi bagian dari ekosistem pendidikan Indonesia dan telah digunakan oleh lebih dari 5 juta siswa dan 350.000 guru di seluruh Indonesia loh.

Quipper memiliki empat layanan utama. Quipper School menawarkan cara belajar yang inovatif untuk proses belajar mengajar yang sangat mendukung guru untuk mengelola tugas dan pekerjaan rumah menjadi lebih efektif, sehingga guru bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan siswanya lebih mudah. Quipper Video menyajikan E-learning berbasis video online untuk belajar mandiri dengan peruntukan bagi siswa SMP dan SMA. Quipper Video Master Class merupakan layanan premium dari Quipper Video dengan dua fitur interaktif yaitu Tanya Tutor dan Bimbingan Online. Program ini hanya untuk siswa SMA. Sedangkan, QuipperCampus sebagai portal informasi kampus terlengkap.

4. Rumah Belajar


Foto: Kemdikbud


Rumah Belajar merupakan aplikasi belajar daring yang dikembangkan oleh Kemendikbud dengan tujuan untuk menyediakan alternatif sumber belajar dengan pemanfaatan teknologi. Sebagai portal pembelajaran daring, konten yang disediakan oleh platform ini berbasis audio, video, gambar, dan animasi yang disajikan secara interaktif. 

Terdapat berbagai fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Karya Bahasa dan Sastra, serta fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa secara gratis nih.

5. Kelas Pintar


Foto: Kelas Pintar


Kelas Pintar merupakan salah satu platform pendukung edukasi di era digital yang menggunakan teknologi terkini untuk membantu murid dan guru dalam proses belajar. Kelas Pintar memberikan solusi belajar lengkap untuk siswa SD, SMP, sampai SMA yang bisa akses setiap hari.

Pengguna bisa belajar sesuai dengan karakter masing-masing, baik secara visual, audio, maupun kinestetik. Dengan metode belajar interaktif menggunakan video dan animasi serta e-book, maka belajar di Kelas Pintar menjadi lebih mudah dan efektif.

Baca juga: Video Call Semakin Seru dengan Fitur Together Mode di Microsoft Team

(lm)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler