Gawat! Akun Twitter Bill Gates, Elon Musk, hingga Barack Obama Diretas Hacker

Alda Yuriska . July 16, 2020

Foto: Win Net News

Teknologi.id - Platform media sosial Twitter tokoh terkenal hingga pendiri perusahaan global terpantau diretas hacker. Kejadian ini menimpa akun Twitter pendiri Microsoft Bill Gates, pendiri Tesla Elon Musk, rapper Kanye West, Uber, hingga Apple.

Menurut laporan The Verge, peretasan ini terjadi sekitar pukul 16.00 waktu setempat atau 03.00 WIB dimana akun-akun tersebut posting tweet serupa dengan alamat dompet bitcoin atau penipuan mata uang kripto bitcoin.

Dengan kejadian ini, diduga sang peretas mencoba mengelabui follower akun-akun para petinggi tersebut agar mau mengirimkan sejumlah bitcoin, dan akan mengembalikannya dengan jumlah yang dilipatgandakan.

Baca Juga: Mozilla Luncurkan Layanan VPN di 6 Negara

                      

  


                        

 

Foto: Istimewa

Terkait kejadian ini, seorang juru bicara Gates mengkonfirmasi bahwa apa yang di-tweet oleh pendiri Microsoft itu bukan berasal darinya dan mengatakan bahwa Twitter sedang memperbaiki masalah teknis ini.

Baca Juga: Ooblets, Game Simulasi Bercocok Tanam Rasa Pokémon

“Kami dapat mengkonfirmasi bahwa tweet ini tidak dikirim oleh Bill Gates. Ini tampaknya menjadi bagian dari masalah yang lebih besar yang dihadapi Twitter. Twitter sadar dan bekerja untuk memulihkan akun," ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Twitter memberikan pernyataan di akun resminya selang satu jam setelah peretasan. Twitter mengatakan pihaknya tengah menyelidiki dan memperbaiki masalah yang terjadi.

“Kami mengetahui adanya insiden keamanan yang memengaruhi akun di Twitter. Kami sedang menyelidiki dan mengambil langkah-langkah untuk memperbaikinya. Kami akan segera memperbarui semua orang," tulis Twitter.

Langkah yang diambil Twitter mengenai kejadian ini adalah dengan mencegah akun centang biru melakukan tweet sementara dan menghapus postingan yang diretas. Langkah ini sepertinya yang pertama kali Twitter ambil dalam sejarah perusahaan.

(ay)


author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya