Ini Dia Keuntungan Miliki Pengalaman Magang Bagi Mahasiswa

Stefanie Tanaki . February 19, 2021

Foto: AVSimulation

Teknologi.id - Magang merupakan salah satu kegiatan yang biasanya menjadi salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa. Umumnya, magang dapat dilakukan oleh mahasiswa yang berada di semester akhir. Namun, saat ini banyak pula mahasiswa semester 4 atau semester 5 yang mulai mencoba untuk magang. Magang sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah pelatihan bagi mahasiswa agar dapat siap ketika masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Oleh karena itu, mahasiswa disarankan memiliki pengalaman magang lebih dari sekali karena banyaknya manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan. Lantas, apa saja keuntungan memiliki pengalaman magang? Berikut penjelasannya.

1. Melatih Skill dan Kemampuan

Foto: Quicken Loans

Dengan menjadi karyawan magang, mahasiswa bisa memiliki kesempatan untuk melatih skill dan kemampuannya. Karena, biasanya selama magang, mahasiswa akan dituntun oleh mentor atau senior di kantor. Selain itu, melalui magang, mahasiswa juga dapat mempraktekkan ilmu yang selama ini mereka pelajari dan dapatkan selama berkuliah. Dengan begitu, mahasiswa dapat mengetahui mana skill dan kemampuan yang dapat mereka tonjolkan dan mana yang harus ditingkatkan.

2. Pemahaman Lebih akan Dunia Kerja

Foto: Cox BLUE

Dunia perkuliahan dengan dunia kerja tentulah dua hal yang sangat berbeda. Namun, setelah kuliah biasanya mahasiswa akan segera masuk ke dunia kerja. Oleh karena itu, agar mahasiswa lebih memahami dan mengetahui seperti apa gambaran dunia kerja, mahasiswa harus mengikuti magang. Memang, umumnya tugas-tugas yang dikerjakan oleh anak magang tidak seberat karyawan tetap. Namun, paling tidak mahasiswa jadi mengetahui bagaimana lingkungan, peraturan dan cara kerja di kantor. Dengan demikian, saat mahasiswa benar-benar harus bekerja yang sesungguhnya, mereka tidak kaget atau bertingkah yang tidak sesuai. 

3. Pengalaman yang Dapat Ditulis di CV

Foto: Kompas Money

Bagi para mahasiswa yang baru saja lulus atau fresh graduate, pengalaman magang akan menjadi aset yang berharga bagi mereka. Dengan mengikuti magang, mahasiswa bisa menunjukkan ke recruiter melalui CV-nya bahwa mereka memiliki pengalaman bekerja. Walaupun hanya sebagai magang, pengalaman magang dapat menjadi salah satu kelebihan para fresh graduate agar dilirik oleh recruiter. Jadi, bagi fresh graduate, skill yang sesuai dengan bidang yang dilamar saja tidak cukup. Pengalaman seperti pengalaman magang juga akan membantu mahasiswa agar mudah mendapatkan pekerjaan. 

Baca juga: Syarat Jadi Karyawan Elon musk, Tak Perlu Pendidikan Tinggi!

4. Menambah Koneksi

Foto: WayUp

Memiliki koneksi yang luas dapat mendatangkan segudang manfaat bagi kita. Ada berbagai cara untuk menambah koneksi, salah satunya adalah dengan mengikuti magang. Dengan mengikuti magang, mahasiswa dapat memperluas koneksinya, karena saat bekerja pastilah mereka akan mendapatkan teman baru. Tidak hanya sekedar teman baru, koneksi inilah yang dapat mereka gunakan untuk bertukar informasi, dan ilmu pengetahuan. Tak jarang banyak orang yang sedikit lebih mudah mendapatkan pekerjaan karena koneksinya yang luas.

5. Membuka Peluang Menjadi Pegawai Tetap

Foto: MAVENTRI

Dengan mengikuti magang, peluang menjadi pegawai tetap saat lulus akan lebih terbuka lebar. Pasalnya, banyak perusahaan yang menawarkan keuntungan bagi pegawai magangnya untuk dipekerjakan sebagai pegawai tetap. Biasanya, pegawai magang yang menunjukkan performa baik dan dianggap dapat berkontribusi lebih bagi perusahaanlah yang mungkin dapat dipekerjakan sebagai pegawai tetap.

6. Penghasilan Tambahan

Foto: Pay Our Interns

Dengan mengikuti magang, mahasiswa bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Banyak perusahaan yang memberikan uang saku pada pegawai magangnya. Bahkan banyak perusahaan besar yang memberikan gaji dengan nominal yang cukup besar untuk pegawai magang. Hal ini juga sesuai dengan pasal 22 ayat 2 UU Ketenagakerjaan yang menyebutkan bahwa peserta magang berhak mendapatkan uang saku dan/atau uang transportasi, memperoleh jaminan sosial tenaga kerja, dan memperoleh sertifikat apabila lulus di akhir program. 

Baca juga: Alasan Mengapa Fresh Graduate Cocok Memulai Karir di Startup

Nah, itu dia keuntungan memiliki pengalaman magang. Oleh karena itu, mahasiswa disarankan untuk memiliki lebih dari satu pengalaman magang. Agar mahasiswa dapat lebih mengeksplor skill dan keterampilannya serta lebih siap untuk memasuki dunia kerja saat lulus. 

(st)


teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler