Cara Cek 3uTools iPhone Bekas: Masih Ori atau Refurbish?

Teknologi.id . September 02, 2020

iPhone 8 plus 64gb fullset nomin 3utools aman, Telepon Seluler & Tablet,  iPhone, iPhone 8 series di Carousell
Foto: Carousell

Teknologi.id - Kepopuleran iPhone sebagai smartphone premium dengan berbagai fitur dan teknologi canggih yang dibawanya tentu sudah tidak perlu diragukan lagi.

Tak hanya produk barunya yang selalu laris terjual, iPhone generasi beberapa tahun ke belakang pun masih populer dijajakan para penjual smartphone bekas.

Namun, dengan kepopuleran iPhone tersebut seringkali justru dimanfaatkan oleh produsen dan para penjual nakal yang menjual iPhone kondisi refurbish/rekondisi asal-asalan.

Refurbish/rekondisi adalah kondisi dimana iPhone yang mengalami kerusakan diperbaiki dan diganti komponennya oleh pengembang, kemudian dijual kembali.

Mungkin tidak akan menjadi masalah bila refurbish dilakukan oleh pabrikan resminya, tapi apa jadinya jika barang refurbish tersebut merupakan buah tangan dari para penjual nakal itu sendiri? Tentu kelayakan barang dan keaslian komponen-komponennya pun patut dipertanyakan.

Nah, bagi kalian yang berminat untuk meminang iPhone bekas, Teknologi.id punya cara untuk mengecek iPhone tersebut apakah masih original atau sudah refurbish/rekondisi.

Baca juga: Beda HP Second dan Rekondisi atau Refurbish, Pilih Mana?

Cara Cek iPhone Bekas dengan 3uTools

Cara mengecek iPhone bekas original atau refurbish ini menggunakan aplikasi bernama 3uTools. 3uTools merupakan sebuah aplikasi multifungsi yang diperuntukkan untuk perangkat iOS.

Selain digunakan untuk mengecek iPhone original atau refurbish, 3uTools juga bisa digunakan untuk melakukan jailbreaking, flashing, sampai mengelola aplikasi dan file-file.

Cara Memindahkan Foto Dari Iphone Ke Laptop / PC Tanpa Itunes

Cara menggunakan 3uTools untuk mengecek iPhone original atau refurbish adalah sebagai berikut:

- Download dan install aplikasi 3uTools di http://www.3u.com/ di laptop atau PC (3uTools hanya bisa digunakan di laptop/PC).

- Hubungkan iPhone yang ingin di test dengan komputer menggunakan kabel USB.

- Lebih baik kabel USB yang digunakan merupakan kabel USB iPhone yang original.

- Tunggu beberapa saat sampai iPhone terhubung dengan komputer.

- Setelah beberapa saat maka beragam data tentang iPhone pun akan keluar. 

How to download,install 3utools software to your computer/laptop and use it  to customize your iphone,ipod,ipad. | Iphone, Normal mode, Ipad

- Kalian bisa melihat kondisi baterai dengan menekan details pada battery life.

- Tekan tombol view verification report untuk melihat data lebih lanjut tentang keaslian iPhone.

- Setelah itu akan terlihat testing score dari iPhone yang kalian miliki.

3uTools on Twitter: "100 😄 what's your testing score in #3uTools?  https://t.co/Y2ttCLLQMO… "

Jika score sudah mencapai 100%, maka iPhone yang kalian miliki asli. Paling tidak score testing yang harus dimiliki oleh iPhone adalah 80%. Jika angka testing sudah menyentuh 70%, maka sudah banyak komponen iPhone yang diganti.

- Perhatikan pula test result setiap komponen dari iPhone.

Cara Ampuh Mengetahui iPhone Refurbished atau Rekondisi - NununK.com

Jika hasil dari setiap komponen bertuliskan normal, maka komponen tersebut asli dan tidak pernah diganti. Namun jika ada komponen yang test result nya berwarna merah dengan tulisan “…may be changed”, maka perangkat tersebut sudah pernah diganti.

Perlu diingat  bahwa aplikasi 3uTools ini tidak sepenuhnya bisa dijadikan patokan. Apabila score testing cukup rendah, maka kalian bisa menanyakan langsung ke toko tempat kalian membeli iPhone.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi HP Android Lemot, Auto Ngebut!

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler