7 Cara Mengatasi HP Android Lemot, Auto Ngebut!

Teknologi.id . August 30, 2020
cara mengatasi hp lemot
Foto: thefabweb.com


Teknologi.id - Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada HP Android adalah lemot, terlebih bila perangkat tersebut sudah digunakan selama bertahun-tahun.

Namun, penyebab HP Android lemot tidak serta merta hanya karena usia pemakaian saja, bisa jadi kamu terlalu banyak menginstall aplikasi dan menyimpan file di HP Android kamu, sehingga HP Android kehabisan memory untuk menyimpan aplikasi dan file-file tersebut.

Selain itu, bisa juga karena konsumsi RAM yang sudah hampir melebihi kapasitas karena terlalu banyak membuka aplikasi berat secara bersamaan dan lupa mengeluarkannya bila sudah tidak digunakan.

Nah, bagi kalian yang mempunyai masalah HP Android lemot, berikut Teknologi.id rangkum beberapa cara mengatasi HP Android lemot agar kembali ngebut.

Baca juga: Cara Membuat Website dari Nol, Gampang Banget!

7 Cara Mengatasi HP Android Lemot

1. Hapus aplikasi yang jarang dipakai

How to remove "recently used" apps ? - Pixel Phone Community

Semakin banyak menginstall aplikasi tanpa melihat kebutuhan dapat membuat HP Android lemot. Coba saja cek aplikasi yang sudah terpasang sekarang di HP Android kamu, benarkah semuanya rutin kamu pakai?

Ruang penyimpanan HP Android kamu bakal terpenuhi oleh aplikasi-aplikasi yang jarang kamu gunakan tersebut, sehingga mengakibatkan performa Android akan menurun. Hapus segera aplikasi-aplikasi yang kurang penting untuk mencegah HP Android lemot.

2. Hapus file-file tidak penting

File manager for Android: The best apps - IONOS

Perhatikan kembali spesifikasi memori smartphone yang kamu pakai. Jangan hanya berpatok pada RAM semata ya, tetapi cek juga berapa memori internal yang masih tersisa. Kebanyakan HP Android lemot disebabkan oleh penggunanya yang kurang peka alias mengabaikan jumlah memori internal yang masih tersisa.

Sebelum HP Android menjadi lemot, hindari penyimpanan file-file berlebihan di memori internal. Kalau perlu, hapus file lama yang sudah bertahun-tahun tersimpan di memori internal.


Baca juga: Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Instagram, Ampuh!

3. Rajin bersihkan cache


Cara Mengatasi Android Lemot 9

Cache adalah tempat untuk menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah kamu gunakan. Dengan fungsi tersebut, kamu dapat dengan mudah membuka aplikasi yang sebelumnya digunakan.

Sayangnya, cache yang menumpuk bukanlah hal yang baik karena dapat membuat HP Android lemot. Untuk itu, kamu harus rutin membersihkan cache di setiap aplikasi yang pernah kamu gunakan. Kebiasaan sederhana ini kadang malas dilakukan banyak orang, padahal manfaatnya sangat besar untuk mencegah HP Android lemot.

4. Kurangi penggunaan widget

Adding the Zero widget on Android – Zero Fasting

Meskipun widget membuat HP Android kamu tampak lebih menarik dan mempermudah untuk mengakses berbagai aplikasi, namun penggunaan widget yang berlebihan juga akan menyita konsumsi RAM yang lebih besar.

Dampaknya, tentu saja HP Android kamu menjadi lemot. Maka dari itu, kurangi penggunaan widget dan gunakan widget yang memang benar-benar penting saja untuk mencegah HP Android lemot.

5. Selalu update software tepat waktu

Cara Mengatasi Android Lemot 12

Apabila kamu menerima notifikasi untuk memperbaharui software, kamu bisa langsung lakukan update sesuai instruksi. Biasanya pembaharuan dari sistem operasi dapat meningkatkan kinerja smartphone secara signifikan. Singkatnya, masalah yang dibawa dari sistem sebelumnya dapat diatasi lebih baik.

Namun, lagi-lagi kamu harus perhatikan kapasitas memori internal kamu ya. HP Android lemot dapat terjadi karena sistem operasi ter-update tidak sanggup dipenuhi oleh memori internal kamu. Selain itu, perhatikan pula untuk selalu update aplikasi yang sering kamu gunakan agar kinerja smartphone tidak menurun akibat penggunaan aplikasi lama.

6. Matikan auto-sync

Cara Mengatasi Android Lemot 4

Untuk tetap terhubung dengan semua akun yang terpasang di HP Android kamu, fitur Auto-Sync harus diaktifkan. Namun hal ini berdampak besar pada kinerja Android kamu.

Maka mematikan Auto-Sync sangat bermanfaat untuk mengatasi HP Android lemot, namun berdampak kamu harus manual membuka aplikasi seperti Email atau Calendar.

Baca juga: Instagram Rilis Fitur QR Code untuk Bagikan Profil Instagram

7. Factory reset

Cara Mengatasi Android Lemot 13

Cara ini adalah cara paling ampuh yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan di HP Android, tak terkecuali masalah HP Android lemot.

Meski smartphone kamu sedang tidak bermasalah, melakukan factory reset secara berkala ternyata penting juga. Rutinitas ini dapat membersihkan semua hal yang bertumpuk di HP Android kamu setelah sekian lama, sehingga mencegah terjadinya HP Android lemot. Pastikan untuk back up data terlebih dahulu ya sebelum melakukan factory reset!

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler