Instagram Rilis Fitur QR Code untuk Bagikan Profil Instagram

Luthfiana Mifta . August 19, 2020


Foto: Instagram


Teknologi.id - Instagram menghadirkan fitur QR code di platformnya. Dengan kehadiran fitur ini, pengguna bisa mendapatkan QR code yang bisa dipindai dari berbagai aplikasi kamera pihak ketiga. Sebelumnya, Instagram telah merilis sebuah fitur yang mirip bernama Nametag.

Bagi sebagian akun, fitur Nametag mungkin masih ada, namun menurut The Verge, nantinya Nametag ini akan berubah menjadi QR code. Dengan menggunakan QR code ini, profil pengguna bisa dipindai dengan aplikasi kamera apapun yang bisa mengenali barisan kode tersebut.

Dikutip dari The Verge, Rabu (19/8), fitur ini pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun lalu dan baru sekarang diluncurkan secara global.

Baca juga: Cara Membedakan Tombol Download dengan Iklan Biar Tidak Tertipu

Ide di balik fitur ini adalah untuk memudahkan para pembisnis mencetak QR code miliknya sendiri untuk dipindai oleh pelanggan yang ingin membuka akun Instagram mereka dengan mudah. Dari sana pelanggan bisa melihat jam buka, membeli barang atau hanya mengikuti akun.

Berikut ini langkah untuk menggunakan QR code:

1. Buka profil di Instagram

2. Klik setting di laman profil

3. Klik QR code

Setelah QR code ditampilkan, kalian bisa menyimpan atau membagikan gambarnya. QR code ini bisa dipindai menggunakan aplikasi kamera apapun yang mendukung QR code.

Di masa pandemi seperti ini, tidak mengejutkan jika Instagram memilih sistem QR code yang lebih terbuka untuk mendorong komunitas tanpa kontak. Restoran misalnya, mulai membagikan QR code untuk menggantikan menu mereka.

Penggunaan QR code untuk profil ini sebelumnya sudah digunakan Facebook untuk para pengguna WhatsApp. Selain itu, sejumlah aplikasi lain juga sudah menggunakan fitur ini seperti Twitter, Snapchat, dan Spotify.

Baca juga: Cara Cek Kualitas Film Sebelum Download

(lm)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar