Cara Membedakan Tombol Download dengan Iklan Biar Tidak Tertipu

Luthfiana Mifta . August 19, 2020


Foto: EIKON Technology


Teknologi.id - Di era sekarang ini, konten hiburan bisa dengan mudah diakses lewat internet, mulai dari film, lagu, bahkan buku elektronik (e-book). Namun dengan berkembangnya monetisasi melalui internet, website download kerap kali berisi banyak iklan. Bagi mereka yang sudah terbiasa download mungkin akan segera tahu link mana yang seharusnya diklik.

Berikut ini cara menghindari iklan saat download dan membedakan mana link iklan dan link download yang sesungguhnya agar tidak terjebak iklan lagi.

Baca juga: Perbedaan JPG dan PNG dalam Format Gambar

1. Hindari Link/Tombol Download yang Mencolok


Foto: WP Security Lock


Sebagai panduan umum, mayoritas situs resmi tidak menggunakan tombol download berukuran besar. Contohnya, kalian bisa menghindari tombol ‘Download’ berwarna hijau besar. Walaupun tidak semua tombol download berwarna hijau adalah palsu.

Tautan download yang asli biasanya digambarkan dalam bentuk teks. Jika kalian klik teks bertuliskan ‘Download’, maka kalian akan mengunduh file yang asli. 

Selain itu, tombol download asli dan palsu sebenarnya bisa dikenali melalui logo AdChoices di sudut kanan atas. AdChoices adalah program pengelola iklan. Jika melihat logo itu, kemungkinan tombol berisi iklan atau unduhan palsu.

Saat menemukan logo AdChoices, klik ikon ‘X’. Setelah itu, laporkan iklan sehingga layanan tahu kalau bentuk iklan ini tidak sesuai.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar FULL STACK DEVELOPER, FRONT END REACT, FLUTTER MOBILE DEVELOPMENT, BACK END PYTHON, dan DATA SCIENCE bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

2. Menguji URL


Foto: hadIndie


Sebelum kalian klik tombol/link, coba cek terlebih dulu alamat yang bakal diarahkan oleh link/tombol tersebut. Setiap browser akan menunjukkan sedikit tooltip dengan URL tautan.

Caranya, letakkan posisi mouse pointer pada link (jangan diklik), maka di bagian pojok kiri bawah akan muncul web address yang nantinya dituju oleh link tersebut. Jika kalian tidak melihat nama file yang berhubungan dengan unduhan yang diinginkan di URL, maka itu bukan unduhan asli. Biasanya tautan asli relatif pendek dan memiliki nama berkas atau software di dalamnya. Selain itu, jika tulisan di depan ada kata ads, bisa dipastikan itu link iklan.

Perangkat lunak Windows mayoritas dikemas dalam file EXE atau ZIP. Sedangkan program Mac biasanya memiliki format DMG atau ZIP. Jika kalian ingin terhindar dari unduhan palsu, maka kami sarankan untuk mengunduh file dari situs terpercaya. Misalnya, ingin mengunduh aplikasi, maka download aplikasi dari website resminya.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Laptop Mati Karena Overheating

(lm)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler