Syarat Jadi Karyawan Elon Musk, Tak Perlu Pendidikan Tinggi!

Stefanie Tanaki . February 18, 2021

Foto: Glassdoor

Teknologi.id - Siapa yang tidak mengenal Elon Musk? Salah satu orang terkaya di dunia ini telah menjadi tokoh terkenal berkat usaha dan otak cemerlangnya dalam membangun usaha. Sampai saat ini, Musk diketahui memiliki berbagai perusahaan teknologi seperti perusahaan mobil listrik Tesla, SpaceX, Neuralink dan The Boring Company.

Dengan banyaknya perusahaan yang dimiliki, Musk tentu membutuhkan banyak karyawan untuk menjalankan perusahaannya. Terkait hal tersebut, mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya apa saja syarat menjadi karyawan di perusahaan Elon Musk.

Ternyata untuk menjadi karyawan Elon Musk, orang tersebut bahkan tidak harus berpendidikan tinggi, lho. Dilansir dari Forbes, pada hari Kamis (18/2), saat membahas terkait buku pegangan untuk karyawan Tesla, Musk mengatakan bahwa dia mencari orang yang cerdas, bermotivasi tinggi serta bertanggung jawab. Musk juga berpikiran terbuka tentang latar belakang seseorang, tetapi orang tersebut harus muncul tepat waktu dan mampu menghasilkan sesuatu. Tesla memiliki harapan yang tinggi bagi karyawannya untuk memenuhi standar keunggulannya.

Menurut Musk, karyawan tidak harus berasal dari universitas papan atas. Dia percaya, jika seseorang lulus dari universitas yang hebat, hal tersebut mungkin dapat menjadi salah satu indikasi bahwa mereka akan mampu melakukan hal-hal hebat. Namun, belum tentu semuanya orang yang berasal dari universitas papan atas memiliki kualitas yang sama. Musk mengatakan bahwa banyak tokoh-tokoh hebat yang bahkan tidak lulus dari perguruan tinggi seperti Bill Gates, Larry Ellison, dan Steve Jobs. Jika sebuah perusahaan bisa mempekerjakan orang-orang seperti mereka, hal tersebut tentulah merupakan ide yang sangat bagus. 

"Seorang PhD jelas tidak diperlukan," tulis Musk di akun Twitter resminya @elonmusk
"Bahkan tidak peduli jika Anda hanya lulus SMA," lanjutnya. 

Selain itu, Musk mencari individu yang mampu menunjukkan bukti kemampuan yang luar biasa. Karyawan di Tesla juga akan diberikan kepercayaan penuh untuk menangani suatu hal. Sehingga kepercayaan diri dan kemampuan untuk memimpin juga dibutuhkan. Selain itu, semua orang yang bekerja di Tesla juga harus mudah untuk bergaul. 

Baca juga: Mobil Terbang Terrafugia Transition Siap Hadir Tahun Depan

Selain Tesla, Musk juga pernah membuka lowongan pekerjaan untuk perusahaan SpaceX miliknya. Dilansir dari Fox Business, pada hari Kamis (18/2), saat itu, diketahui Musk membutuhkan karyawan untuk bagian produksi, insinyur, supervisor dan pendukung lainnya.

Menariknya, Musk juga tidak menyebutkan dia membutuhkan karyawan yang memiliki latar belakang pendidikan tinggi. Musk mengatakan bahwa perusahaannya hanya mewajibkan calon karyawannya untuk memiliki etos kerja yang sangat keras, bakat untuk membangun sesuatu, akal yang sehat, dan dapat dipercaya. Untuk sisanya, Musk mengatakan bahwa perusahaan akan melatihnya. 

Nah, itu dia syarat jadi karyawn Elon Musk. Intinya, Elon Musk membutuhkan orang cerdas yang mampu menghasilkan sesuatu, bertanggung jawab, serta dapat dipercaya untuk semua perusahaannya. Bagaimana, tertarik untuk menjadi karyawan Elon Musk?

(st)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler