Rekomendasi 5 Aplikasi untuk Jaga Kesehatan Mentalmu

Andi Nabiilah Nur Ashiilah . September 06, 2024

Aplikasi untuk Jaga Kesehatan Mental
Foto: KVC Health

Teknologi.id - Kebanyakan orang tentu sudah familier tentang hal-hal seputar kesehatan mental (mental health) yang menjadi suatu tren saat ini. Berbeda dengan kesehatan fisik, seseorang akan lebih sulit melacak kesehatan mentalnya karena sering kali mereka tidak menyadari jika terjadi penurunan. Hal itu lah yang membuat maraknya penyebaran informasi terkait kesehatan mental, termasuk ciri-ciri seseorang yang kesehatan mentalnya sedang menurun.

Berkat kemajuan dari teknologi saat ini, aplikasi yang dapat mendukung kesehatan mental pun mulai bermunculan. Aplikasi-aplikasi ini dapat menyediakan berbagai informasi seputar mental health bagi penggunanya. Terdapat juga beberapa fitur seperti latihan meditasi, konseling online, serta pelacakan suasana hati yang tersedia.

Untuk kamu yang ingin memantau kesehatan mentalmu dengan lebih baik, 5 aplikasi ini dapat menjadi penolong untukmu.

1. Headspace

Headspace adalah salah satu aplikasi mental heath yang dirancang untuk meredakan stres dan kecemasan berlebih dengan metode meditasi. Aplikasi ini menyediakan berbagai panduan meditasi dengan beragam durasi mulai dari 3 hingga 20 menit, yang cocok untuk pengguna pemula maupun berpengalaman. Kamu dapat mengikuti sesi meditasi, latihan pernapasan, dan meningkatkan kualitas tidur melalui fitur “Sleepcasts”. Selain itu, Headspace juga menawarkan kursus untuk berbagai tujuan, seperti peningkatan fokus atau pengelolaan stres.

Untuk dapat menggunakan seluruh fitur dari aplikasi Headspace, pengguna perlu membayar biaya langganan terlebih dahulu. Terdapat dua jenis paket yang tersedia, yaitu bulanan dan tahunan. Untuk bulanan, kamu perlu merogoh kocek sebesar $12.99 USD (Sekitar Rp.200.000) dengan tambahan gratis 7 hari. Sedangkan paket tahunan, kamu perlu membayar $69.99 USD (Sekitar Rp.1.100.000) dan akan mendapatkan tambahan gratis 14 hari. Paket tahunan ini terhitung lebih murah karena biaya per bulannya yang hanya $5.83 USD (Sekitar Rp.90.000), cocok untuk kamu yang ingin menikmati fitur Headspace lebih lama dan murah.

Baca JugaKorea Selatan Darurat Pornografi Deepfake Melalui Aplikasi Telegram

2. Calm

Mirip seperti Headspace, Calm juga merupakan aplikasi meditasi yang berguna untuk membantu penggunanya meredakan kecemasan, stres, dan gangguan tidur. Calm siap menyediakan berbagai meditasi terpadu, cerita tidur, dan musik relaksasi yang dapat kamu gunakan setiap harinya. Aplikasi ini juga memiliki berbagai durasi meditasi yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu fitur unggulan yang tersedia pada Calm adalah narasi cerita tidur yang menenangkan, membantu penggunanya untuk dapat tertidur lebih cepat.

Selain itu, Calm juga menawarkan kelas yoga yang bisa kamu ikuti untuk merilekskan tubuh sebelum tidur. Calm telah terbukti ampuh untuk membantu penderita insomnia untuk tertidur lebih lelap di malam hari.

Kamu dapat menikmati seluruh fitur yang tersedia pada aplikasi Calm dengan membayar biaya berlangganan per tahunnya. Kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp.689.000 untuk biaya langganan per tahun dengan tambahan gratis 14 hari free-trial.

3. Betterhelp

BetterHelp adalah aplikasi konseling online yang menyediakan akses mudah ke psikolog dan terapis profesional. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan konsultasi dengan terapis melalui pesan teks, panggilan suara, ataupun video. BetterHelp dapat menjadi penolong yang tepat untuk kamu yang sedang membutuhkan dukungan psikologis secara cepat dan praktis, tanpa harus bertemu langsung.

Terdapat tiga tipe terapi yang dapat kamu pilih, antara lain Individual (Untuk diri sendiri), Couples (Untuk diri sendiri dan pasangan), serta Teen (Untuk anak). Selain itu, kamu juga dapat memilih waktu konsultasi yang cukup fleksibel dengan durasi per sesi nya sekitar 30-45 menit.

Biaya untuk menjalani sesi terapis di BetterHelp ini cukup beragam, dengan kisaran antara $65 hingga $100 per minggu dan $260 hingga $400 per bulan. Biaya ini tergantung pada beberapa faktor, seperti lokasi, sumber rujukan, preferensi individu, ketersediaan terapis, serta diskon atau promosi yang berlaku.

Baca JugaRekomendasi 15 Situs E-Materai Terpercaya dan Cara Membelinya

4. Mindfulness Coach

Mindfulness Coach merupakan aplikasi yang mengajarkan kamu tentang teknik meditasi dan pengembangan latihan kesadaran. Pendekatan yang dilakukan secara santai dan perlahan menjadi daya tarik utama dari aplikasi ini. Hal ini dapat membantu kamu yang masih pemula untuk berani mencoba meditasi dengan lebih nyaman dan juga mudah.

Mindfulness Coach menyediakan program pelatihan bertahap dan mandiri yang dirancang secara khusus. Hal ini dapat membantu kamu untuk memahami konsep meditasi secara menyeluruh untuk mendapatkan manfaat yang signifikan. Selain itu, Kamu juga dapat menggunakan seluruh fitur yang ada di aplikasi ini secara gratis.

5. Talkspace

Aplikasi terakhir yang dapat mendukung kesehatan mental mu adalah Talkspace. Talkspace dapat memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan terapis berlisensi secara online. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan sesi konseling melalui pesan teks, suara, atau video. Cocok untuk kamu yang memiliki jadwal sibuk dan ingin memilih waktu konseling yang lebih fleksibel tanpa harus bertemu langsung.

Selain itu, kamu juga dapat memilih terapis sesuai dengan preferensi dan kebutuhan. Terdapat empat tipe terapis yang tersedia pada Talkspace, antara lain Individual, Teens, Couples, dan Medication.

Talkspace menawarkan harga yang beragam pada setiap tipe konseling nya sesuai dengan paket yang kamu ambil. Kamu dapat melihat langsung melalui website Talkspace untuk melihat pricelist yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Itu dia 5 rekomendasi aplikasi yang dapat mendukung kesehatan mental mu. Kamu dapat mulai memilih aplikasi mana yang sesuai dengan budget dan juga kebutuhanmu.

Baca berita dan artikel lainnya di: Google News

(ANNA)


Share :