Sudah Rilis di Indonesia, Saluran Siaran Instagram Cocok Bagi Kreator

Tampilan Saluran Siaran. Foto: Meta 

Teknologi.id - Dalam era digital yang terus berkembang, Meta terus berinovasi untuk memperbaharui platformnya. Sebelumnya, Instagram telah memperkenalkan fitur terbarunya yaitu fitur saluran siaran atau broadcast channel, yaitu fitur yang diklaim akan memberikan para kreator mendapatkan pengalaman baru dalam berinteraksi dengan followers (pengikut) mereka dalam skala besar dan real time.

Meta sendiri selalu mengeksplorasi cara-cara baru untuk membantu para penggunanya agar memiliki pengalaman yang baik, fitur terbaru ini akan membantu kreator untuk membentuk hubungan yang lebih dalam dengan komunitasnya. Melansir dari Meta, broadcast channel adalah alat pengiriman pesan publik satu-ke-banyak bagi para kreator untuk berinteraksi langsung dengan para pengikut mereka dalam skala besar.

Sebelumnya, Meta meluncurkan fitur broadcast channel yang tersedia pada beberapa negara tertentu saja pada bulan Februari lalu. Namun, fitur ini kini resmi hadir secara global. Melalui fitur ini, para kreator dapat mengadakan sesi tanya jawab, diskusi panel, tutorial, dan masih banyak lagi, semuanya dalam format DM (direct message) secara real-time.

Baca Juga: Cara Hide Akun Instagram Agar Tak Bisa Dilihat Orang lain

Saluran Siaran, Cara Baru bagi Kreator Memperdalam Hubungan dengan Follower


Tampilan Broadcast Channel bagi Pengguna. Foto: Social Media Today

Sebelumnya, CEO Meta, Mark Zuckerberg, telah mengumumkan kehadiran fitur ini pada saluran Instagram-nya, yaitu "Meta Channel 📢". Melalui fitur ini, para kreator memiliki ruang berbagi konten dengan audiens lebih luas melalui DM pada platform ini. Adapun cara untuk bergabung menjadi anggota dari saluran siaran Instagram para kreator favorit mereka. Langkah pertama adalah dengan mengakses langsung ke link invite yang dibagikan oleh kreator yang disematkan pada profilnya ataupun dengan menggunakan stiker "bergabung dengan saluran" di Stories.

Melansir dari Meta, setelah kreator membuat salurannya, mereka dapat mengirimkan pesan melalui kotak masuk Instagram dan para pengikut akan mendapatkan pemberitahuan dari pesan tersebut. Melalui fitur ini para kreator dapat menggunakan saluran siaran untuk membantu para pengikutnya mendapatkan informasi terbaru dan momen di balik layar dengan menggunakan teks, foto, video, catatan suara, dan polling. Para pengikut dapat bereaksi terhadap konten dan berpartisipasi dalam pesan yang dibagikannya.

Lebih lanjut, bagi apra kreator yang ingin membuat saluran siaran yang terbuka untuk semua pengikut, pastikan untuk mengatur pemirsa ke "semua pengikut." dan ada juga opsi untuk membuat saluran siaran yang terbatas untuk pelanggan berbayar untuk konten yang eksklusif.

Pengguna Instagram Senang Berinteraksi dibanding Posting

Video Demo Broadcast Channel. Foto: Meta

Baca Juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video di Instagram

Untuk fitur dari saluran siaran ini sendiri bukanlah sebuah obrolan dua arah, karena hanya kreator yang dapat mengirim pesan, sementara anggota dapat memberikan reaksi terhadap pesan yang diberikan. Melansir dari Social Media Today, bahwa seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fitur ini adalah cara lain bagi Instagram untuk bersandar pada pergeseran ke arah perpesanan yang lebih pribadi dalam aplikasi, yang mana lebih banyak pengguna Instagram sekarang berinteraksi, dibandingkan dengan memposting ke Stories atau feed utama.

Lebih lanjut Meta telah mengidentifikasi hal ini sebagai area fokus utama, setelah laporan internal baru-baru ini menunjukkan bahwa meskipun waktu yang dihabiskan di Facebook dan Instagram meningkat secara keseluruhan, kreasi dan keterlibatan menurun, dengan lebih sedikit orang yang memposting pembaruan pribadi dibandingkan sebelumnya.

Berkurangnya minat orang-orang untuk memposting secara publik seperti dulu, mendorong lebih banyak orang untuk membuat lingkaran pertemanan yang lebih kecil dalam grup DM pribadi. Di era dimana interaksi menjadi kunci sukses bagi para kreator secara online, kehadiran dari fitur ini, tentunya memberikan kesempatan bagi para kreator untuk memberikan konten yang menarik agar membangun komunitasnya sekaligus menawarkan pertumbuhan dan kemajuan bagi kreator melalui Instagram.

Instagram sendiri akan menambahkan lebih banyak fitur kedepannya dan untuk saat ini mereka sedang menguji beberapa alat obrolan siaran tambahan untuk meningkatkan pengalaman baik dari pengguna maupun para kreator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(raa)

Share :