Inspirasi Bisnis Kecil-kecilan dengan Untung Besar-besaran

Teknologi.id . October 18, 2021
Inspirasi Bisnis Kecil-kecilan dengan Untung Besar-besaran. Foto: Shutterstock


Teknologi.id - Ingin memulai bisnis tapi bingung mau membangun bisnis apa? Tidak perlu bingung, karena kamu bisa memulai salah satu dari usaha kecil-kecilan berikut ini.

Sebelum membahas mengenai beberapa usaha kecil-kecilan, Tekmin akan menjelaskan mengenai alasan kamu harus memulai bangun usaha. Untuk diketahui, selain dapat memberikan kamu pengalaman baru, usaha kecil-kecilan juga bisa menghasilkan keuntungan besar dari modal yang bisa dibilang kecil.

Hal tersebut bisa terjadi asal kamu tau caranya dan menguasai skill-nya. Di zaman yang serba maju ini, untuk memulai usaha tidak harus dengan modal yang besar lantaran kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk pemasaran usahamu. 

Baca juga: 3 Tips Bila Bisnismu Ditiru Orang Lain!

Rekomendasi Usaha Kecil-Kecilan Buat Kamu

Apabila untuk sekedar menambah uang jajan, atau mendalami passion berjualan, tidak ada salahnya jika kamu memulai usaha dengan modal yang kecil untuk pertama kali.

Berikut ini rekomendasi 6 usaha kecil-kecilan yang bisa memberikan kamu untung yang lumayan.

1. Reseller Toko Online

Foto: Klikpajak


Usaha kecil-kecilan yang bisa kamu coba pertama adalah menjadi reseller dari toko online. Dengan semakin maraknya penggunaan media sosial, tren belanja online pun semakin meningkat.

Selain itu, kemudahan pembayaran tanpa harus keluar rumah dan prosesnya yang praktis menjadi beberapa alasan yang membuat bisnis penjualan online bertumbuh pesat belakangan ini.

Nah, kamu bisa mengambil bagian dari tren ini dengan menjadi seorang reseller toko online. Saat ini supplier atau distributor sudah banyak membuka lowongan untuk memasarkan produk mereka baik secara reseller ataupun sistem dropship.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini terbilang minim, bahkan untuk sistem dropship kamu seringkali tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

Kamu hanya cukup membantu memasarkan dan kamu akan mendapatkan keuntungan dari penjualan produk tersebut.

Baca juga: Tips Bikin Packaging Menggoda dan Efektif!

2. Franchise Kekinian

Foto: Zona Duit


Usaha kedua yang bisa kamu pilih yakni menjadi franchise dari makanan ataupun minuman yang tengah viral.

Usaha jenis ini bisa dibilang menguntungkan kedua belah pihak baik pemilik brand tersebut ataupun seller yang membeli franchise karena pemilik merek akan mendapatkan bagian dari setiap penjualan produk franchise ini.

Sedangkan untuk kamu sebagai pembeli franchise ini tentunya akan mendapat banyak keuntungan. Diantaranya kamu tidak perlu capek-capek membangun brand karena brand yang kamu pilih sudah memiliki nama besar dan terkenal dimana-mana.

Tak hanya itu, biasanya usaha kecil-kecilan ini sudah menyediakan peralatan lengkap untuk menyajikan makanan atau minuman yang dijual.

Jika kamu merasa cemas lantaran sama sekali belum pernah berjualan, kamu tidak perlu khawatir lantaran dengan sistem franchise kamu akan dibimbing oleh mentor dari pemilik merek untuk bisa menjual produk franchise-mu sampai mahir dan menghasilkan keuntungan.

3. Penyedia Jasa

Foto: Talking Influence


Saat ini marak pekerjaan yang berupa jasa pada platform digital, seperti pekerjaan penerjemah, content creator, penulis konten, jasa edit video dan masih banyak lagi.

Untuk usaha kecil-kecilan ini kamu hanya perlu mempunyai gawai yang menunjang pekerjaanmu dan kemauan untuk mempelajari skill–skill baru yang bisa membantumu untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

4. Frozen Food

Foto: Akseleran


Di era sekarang, masyarakat memiliki kecenderungan untuk memilih segala sesuatu yang praktis, termasuk juga makanan sehari-hari.

Banyak orang lebih suka menyimpan makanan beku di kulkas untuk digoreng kapan saja. Nah, kamu bisa masuk di celah ini dengan usaha kecil-kecilan menjual berbagai macam produk makanan beku atau frozen food.

Jenis bisnis ini cenderung minim resiko, karena barang yang kamu simpan untuk dijual biasanya memiliki usia yang relatif lama karena telah dibekukan. Sehingga kamu tidak perlu takut dengan bayang-bayang makananmu akan membusuk dan berakhir menjadi kerugian.

Baca juga: Tips Bisnis Pemula dari Pebisnis Top Dunia

5. Berjualan Kue

Foto: Tastemade


Apakah kamu punya passion memasak? jika iya mungkin ide bisnis ini cocok untukmu. Kamu bisa memproduksi kue-kue kekinian seperti dessert box, croffle dan berbagai macam kue lain.

Target pasar untuk bisnis ini tersedia dimana-mana. Tak ada yang bisa menolak kudapan manis sebagai teman ngemil di waktu santai maupun bekerja.

Tips dalam mengelola usaha kecil ini adalah kamu bisa menggunakan sistem made by order, yakni kamu hanya memproduksi kue jika ada pesanan saja untuk memperkecil risiko.

6. Cuci Sepatu

Foto: Usaha Laundry


Usaha terakhir adalah cuci sepatu. Kamu pasti memahami bahwa fashion menjadi suatu tren yang tidak pernah mati, termasuk juga pada sepatu.

Sekarang mulai bermunculan banyak brand sepatu baru, ini tentunya bisa menjadi peluang.

Karena orang-orang pasti akan menjaga sepatu mereka untuk tetap bersih agar tetap menjaga nilai dari sepatu tersebut. Kamu bisa membuka usaha cuci sepatu di rumahmu sendiri dengan menaruh promosi pada media sosial.

Hanya perlu bahan dan alat yang sederhana namun usaha ini bisa memberi keuntungan besar jika ditekuni.

Baca juga: Kreatif, Inilah 4 Cara Terapkan QR Code di Bisnismu!

Yuk segera buat usaha kecil-kecilan milikmu sendiri! Dengan semakin majunya teknologi, peluang bisnis-bisnis baru semakin bermunculan. Kamu harus bisa memanfaatkan peluang ini untuk memperoleh pundi-pundi rupiah.

Bisa dimulai dari hal yang kamu sukai atau passion-mu, dengan tekad yang kuat, usaha serta doa. Bukan tidak mungkin usaha yang kamu mulai dengan modal kecil bisa menghasilkan untung besar. Selamat mencoba dan semoga sukses!

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler