Tips Bikin Packaging Menggoda dan Efektif!

Onstock Indonesia . September 24, 2021

Kamu dan mungkin banyak orang lainnya seringkali melakukan satu hal ini : Membeli produk tertentu hanya karena packaging atau kemasannya. Entah itu karena kemasannya simpel, estetik, penuh warna yang menarik, atau desainnya yang khas dan eye-catching.


Ada pepatah klasik mengatakan bahwa kita nggak boleh menilai sesuatu hanya karena kemasan atau tampak luarnya. Pernyataan ini benar adanya, tapi di dalam bisnis, kemasan yang khas dan unik justru jadi magnet untuk menarik perhatian orang. Desain kemasan menjadi kunci awal untuk menggaet perhatian dan minat orang dalam membeli produkmu.


Lantas, gimana caranya agar produkmu bisa punya desain produk yang bisa memancing perhatian dan minat beli orang-orang?


  1. Kejelasan Desain

Desain kemasan yang cantik dan efektif adalah desain yang mampu menyampaikan informasi yang jelas tentang produk yang ada di dalam kemasannya. Ketika informasi umum tentang produk seperti jenis produk dan nama brand jelas dan detil, maka calon customer tidak akan kesulitan untuk mengidentifikasi produknya.


  1. Buat Desain yang Otentik

Kamu harus ingat bahwa kemasan produk adalah cerminan dari bisnis dan produkmu. Oleh karena itu, rancang kemasan produk agar sesuai dengan karakter dan citra bisnismu. Kamu bisa memperoleh inspirasi desain dari berbagai produk sejenis atau yang berbeda untuk kamu terapkan pada kemasan produkmu. Yang terpenting adalah bagaimana desain kemasan produkmu bisa menonjolkan nilai-nilai dan karakter brand kamu secara maksimal dan nilai-nilai tersebut bisa dipahami dengan baik oleh calon customer.


  1. Perhatikan shelf impact

Shelf impact adalah sebuah konsep yang menjelaskan tentang bagaimana tampilan produkmu apabila disusun di rak sebuah toko. Nah, apabila kamu menjual produkmu di toko atau supermarket, kamu perlu mempertimbangkan ini juga. Jangan sampai desain produkmu sudah cantik, namun ketika disusun bersamaan di rak, hasilnya kurang menarik dan malah terkesan aneh. Untuk memperoleh shelf impact yang menarik, kamu perlu melakukan desain dan pengujian berkali-kali untuk memperoleh hasil shelf impact yang memuaskan.


  1. Kepraktisan

Kepraktisan juga menjadi nilai tambah buat suatu produk. Pastikan desain produk yang kamu buat memudahkan suatu produk untuk digunakan, disimpan, atau dibawa kemana-mana. Sangat disayangkan ketika kamu membuat produk dengan kemasan yang cantik dan menggoda tapi membuat produknya menjadi sulit untuk digunakan.


Akan sangat disayangkan bila suatu produk yang memiliki kualitas yang mumpuni tidak dikemas atau diseimbangkan dengan desain kemasan yang cantik dan efektif. Tanpa kemasan yang cantik, jelas, dan efektif, suatu produk akan sangat sulit membuat customer untuk sekadar menaruh perhatian pada produkmu. Pastikan kamu merancang desain berpegang teguh pada prinsip-prinsip di atas agar desain yang dihasilkan ciamik dan efektif!

author0
teknologi id bookmark icon
author

Onstock Indonesia

Onstock Indonesia

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler