Tips Bisnis Pemula dari Pebisnis Top Dunia

Onstock Indonesia . September 24, 2021

Memulai bisnis nggak boleh hanya sekadar mempersiapkan modal dan ide bisnis saja. Kamu perlu belajar banyak. Belajar dari siapa? Bukan hanya dari sekolah atau universitas, tetapi juga belajar dari para individu yang memang sebelumnya sudah lebih dulu berkecimpung di dunia bisnis dan memiliki bisnis yang kokoh dan matang. Dari individu-individu ini, kita bisa belajar mengenai asam garam dan naik turun perjuangan dalam membangun dan menjalankan bisnis.


Nah, kali ini, kita akan melihat beragam tips dan nasehat dari para pebisnis top dunia buat kamu yang akan memulai bisnis untuk pertama kalinya. Apa saja nasehatnya?



  1. Richard Branson

Rasa-rasanya, nama ini sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Richard Branson adalah salah satu orang terkaya di dunia yang dikenal lewat kerajaan bisnisnya, Virgin Group, yang memiliki ratusan lini bisnis di berbagai bidang.


Baginya, pengalaman buruk adalah sumber ide bisnis terbaik. Dengan kamu terus membuka mata mengenai apa yang kamu alami dan rasakan, kamu bisa mengubahnya menjadi awal untuk membangun sebuah bisnis. Selain itu, selalu ada celah di pasar yang bisa kamu manfaatkan untuk membangun bisnis. Kalau kamu bisa memperbaiki kualitas hidup seseorang, kamu bisa membangun sebuah bisnis.


  1. Guy Kawasaki

Guy Kawasaki adalah sosok yang bertanggungjawab atas kesuksesan pemasaran komputer Apple, Macintosh. Ia juga dikenal sebagai venture capitalist di Silicion Valley dan kini bekerja sebagai chief evangelist di Canva yang membantu memasarkan produk Canva.


Dalam berbisnis, Guy Kawasaki menyarankan hanya satu hal : fokus pada produk prototype dan jangan fokus pada business plan, financial projection, atau materi presentasi bisnis. Ketika kamu bisa fokus mengembangkan prototype dari produkmu dan banyak orang suka setelah memakainya, kamu tidak perlu terlalu khawatir akan hal-hal di atas.


  1. David Karp

Kalau kamu aktif bermain Tumblr, seharusnya kamu tahu nama tersebut. Ya, David Karp adalah otak di balik Tumblr, sebuah media sosial berbasis blog. Tumblr menjadi semakin populer setelah Yahoo membelinya dengan nilai sebesar $1,1 miliar. Kini, Tumblr memiliki lebih dari 300 juta pengguna di seluruh dunia.


Bagi Karp, ketika kamu ingin membangun bisnis, kamu perlu menemukan kritikus pribadi bagi idemu. Kritikus pribadi di sini akan memberikan masukan dan kritik soal ide yang kamu sajikan. Memiliki kritikus pribadi artinya kamu ingin agar setiap ide yang kamu sajikan bisa berkembang lebih baik dan mengetahui mana ide yang bisa diterapkan dan mana yang bukan.


  1. Tim Ferriss

Tim Ferriss adalah salah satu investor dan penulis ternama di Amerika Serikat. Beberapa karyanya antara lain The 4-Hour Work Week dan Tools of Titans. Selain itu, ia juga menjadi investor dari StumbleUpon, Shopify, dan Evernote.


Tim Ferriss menyebutkan, jaringan pertemanan adalah tingkat harta seseorang. Oleh karena itu, jika ingin berbisnis dengan teman, maka kamu harus mencari teman yang mampu mendorong kamu ke depan dalam mewujudkan hal-hal baik di dalam bisnis. Ada baiknya juga bagi kamu untuk memperluas lingkaran pertemanan dengan berteman dengan orang-orang yang berkutat di beragam bidang, entah itu keuangan, IT, atau pemasaran. Dengan pertemanan yang luas dan positif, kamu akan bisa bekerja sama dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan tentunya yang mau terlibat dengan kamu dalam membangun bisnis bersama.


Nah, itu tadi tips-tips berbisnis dari para pebisnis top dunia untuk kamu yang ingin memulai bisnis. Meski kesannya sederhana, semuanya butuh tindakan nyata dan yang jelas, tidak akan mudah. Tetapi, kalau kamu persisten dan memiliki kemauan, semuanya jelas akan ada jalan.

author0
teknologi id bookmark icon
author

Onstock Indonesia

Onstock Indonesia

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler