Cara Mengosongkan Recycle Bin Terjadwal di Windows 10

Indah Mutia Ayudita . July 28, 2020

Preview Windows 10. Foto: Microsoft

Teknologi.id - Windows 10 memiliki fitur Storage Sense yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat ruang penyimpanan dengan mengatur Windows 10 untuk menghapus file-file tertentu yang tesimpan di Recycle Bin secara otomatis.

Berikut Teknologi.id bocorkan cara mengaktifkannya.

1. Buka 'Settings' pada Start Menu (logo gear pada deretan ikon bagian kiri) atau menggunakan shortcut keyboard (Windows + I).

Foto: Tangkapan Layar/Teknologi.id

2. Klik 'System', lalu pilih 'Storage'. Pada bagian atas, terdapat penjelasan mengenai Storage Sense. Klik tombol yang terletak di bawah paragraf penjelasan Storage Sense sampai menjadi 'On'. Kemudian, klik 'Configure Storage Sense or run it now

Foto: Tangkapan Layar/Teknologi.id

Baca juga: Deretan Unggahan Kontroversial Jouska, Ngopi Rp 47 Juta hingga Biaya Persalinan Rp 166 Juta

3. Pada menu Storage Sense, terdapat beberapa opsi pengaturan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Yang pertama adalah frekuensi berjalannya Storage Sense yang bisa diatur melalui menu drop-drown dengan label 'Run Storage Sense'. Kamu bisa memilih untuk menjalankannya setiap hari, tiap minggu, tiap bulan, atau sesekali ketika kapasitas ruang penyimpanan rendah.

Foto: Tangkapan Layar/Teknologi.id

4. JANGAN tandai box yang bertuliskan 'Delete temporary files that my apps aren't using' jika tidak ingin menghapus file-file sementara yang sudah lama.

Baca juga: 4 Tanda Ponsel Androidmu Disisipi Malware (dan Tips Menghapusnya)

5. Pada pilihan 'Delete files in my Recycle Bin if they have been there for over', pilih opsi 'Never', '1 day', '14 days', '30 days', atau '60 days'. Ketika Storage Sense berjalan (sesuai dengan pengaturan pada pilihan sebelumnya) dan menemukan file yang ada di Recycle Bin lebih dari periode waktu yang ditentukan, file tersebut akan dihapus secara otomatis.

6. Atur 'Delete files in my Downloads folder' menjadi 'Never' untuk mencegah file-file yang tersimpan di folder download ikut terhapus.

Untuk mematikan Storage Sense, cukup tekan tombol 'On' sampai kembali menjadi 'Off'. Selamat mencoba!

(im)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya