4 Tanda Ponsel Androidmu Disisipi Malware (dan Tips Menghapusnya)

Indah Mutia Ayudita . July 27, 2020

Ilustrasi. Foto: ITWorks

Teknologi.id - Malware yang terpasang di Android bisa cukup menipu. Contohnya, sebuah aplikasi ads blocker yang mengklaim bisa memotong jumlah iklan yang muncul, namun sebenarnya malah menambah jumlah iklan yang masuk.

Adam Bauer, seorang peneliti keamanan dari perusahaan Lookout menyebutkan malware pada perangkat mobile biasanya menggunakan salah satu dari dua cara berikut: cara pertama adalah dengan menipu penggunanya dengan memberikan izin bagi aplikasi berbahaya untuk mengakses informasi rahasia.

Cara kedua adalah dengan mengeksploitasi kelemahan ponsel dan lebih berbahaya karena bisa berjalan tanpa perlu izin dari penggunanya.

Baca juga: 2 Cara Membuat CCTV dari HP Android atau iPhone, Gampang Banget!

Malware menjadi berbahaya karena selain iklan yang terus-menerus muncul, malware juga bisa mengakses informasi pribadi seperti:

  • Informasi perangkat
  • Daftar kontak yang tersimpan
  • Nomor HP dan alamat email
  • Identitas banking (username, password, nomor kartu, dan lain-lain)

Nah, bagaimana cara mengetahui jika ponsel Androidmu telah disisipi malware? Jika kamu mendapat tanda-tanda berikut, kemungkinan besar ponselmu telah terkena malware:

  • Terdapat banyak iklan yang muncul terlepas dari aplikasi yang digunakan
  • Ketika menginstall aplikasi, ikonnya menghilang
  • Baterai jadi lebih cepat habis
  • Ada aplikasi tidak dikenal terpasang di ponselmu

Baca juga: Cara Melacak Ponsel Hilang dengan Google Find My Device

Jika mengalami hal di atas, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut untuk menghilangkan malware berbahaya dari ponsel Androidmu:

1. Selalu perbarui software dan aplikasimu. Para ahli menyebutkan OS dan aplikasi yang terbaru bisa melindungi perangkat dan akun pengguna.

2. Perhatikan izin yang diminta oleh aplikasi. Game yang perlu mengakses kontak dan SMS perlu diwaspadai karena sejatinya tidak game memerlukan akses untuk kedua hal tersebut.

3. Hapus aplikasi yang memiliki potensi berbahaya. Beberapa malware bisa hilangkan dengan mencabut izin dan menghapus aplikasinya. Aplikasi lain yang lebih canggih memberikan dirinya sendiri akses admin sehingga tidak bisa dihapus begitu saja. Jika beberapa aplikasi tidak bisa dihapus, akan lebih bijak untuk mencari langkah-langkah menghilangkannya di internet.

4. Pasang aplikasi antivirus di ponsel. Antivirus kadang akan memperlambat ponsel, namun bisa meningkatkan keamanan pada ponselmu. Beberapa aplikasi terpercaya adalah Malwarebytes, Norton, Lookout, dan Bitdefender yang bisa digunakan untuk menemukan malware di perangkatmu.

5. Hapus aplikasi third-party. Aplikasi third-party (pihak ketiga) adalah aplikasi yang tidak melewati proses pemeriksaan oleh Google (biasanya tidak ada di Google Play Store) dan tentunya, tidak aman untuk ponselmu.

Meskipun Android memiliki tingkat keamanan yang lebih rendah dibandingkan dengan iOS, bukan berarti kita tidak bisa menjaganya dari malware berbahaya, kan?

(im)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler