12 Situs Belajar Coding Gratis yang Wajib Kamu Coba

Indah Mutia Ayudita . July 21, 2020

Ilustrasi. Foto: Unsplash/Luis Lierena

Teknologi.id - Kemampuan untuk membuat kode program kini merupakan skill yang akan sangat membantu khususnya untuk bisnis para entrepreneur dan freelancer.

Berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk belajar coding? Jawabannya: Gratis.

Berikut Teknologi.id rangkum 12 situs kursus coding gratis yang bisa kamu jadikan wadah untuk mengasah dan mengembangkan skill programming-mu.

1. Codeacademy

Situs ini merupakan wadah paling populer untuk belajar membuat kode. Pada tahun 2019, tercatat sudah 45 juta orang belajar caranya membuat kode melalui situs ini. CodeAcademy menyediakan pembelajaran berbagai bahasa pemrograman, mulai HTML, CSS, JavaScript, sampai Python, Ruby, dan C++.

2. Coursera

Dibentuk pada tahun 2012, Coursera menawarkan lebih dari 1.000 kelas kursus dari 119 institusi ternama yang bisa diikuti. Beberapa program berbayar untuk mendapatkan sertifikat, namun ada beberapa program kelas programming  dasar gratis dari berbagai universitas ternama seperti University of Washington, Stanford, University of Toronto, dan Vanderbilt.

Baca juga: 4 Text Editor Terbaik dan Gratis untuk Programming

3. edX

EdX dibentuk oleh Harvard University dan MIT pada tahun 2012 dan memiliki 53 kelas. Untuk mengakses kelas ini pengguna harus membayar, namun ada kelas Pengenalan Computer Science dari Harvard University yang bisa diakses secara gratis sebagai bekal dasar kemampuan programming.

4. Udemy

Udemy adalah platform belajar online yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan agar mendapat pekerjaan yang lebih baik. Sebagian kursusnya berbayar, namun sebagian lagi bisa diakses gratis. pembelajarannya dilakukan dengan menggunakan video. Salah satunya adalah kelas Programming untuk Pengusaha yang mengajarkan Django, Framework Python nomor 1, API, HTML, CSS, dan + Payments.

5. AGupieWare

Aplikasi ini bersifat independen dengan mensurvey program computer-science dari beberapa institusi ternama di Amerika Serikat, lalu membuat kurikulum serupa berdasarkan kursus gratis yang ditawarkan Stanford, MIT, Carnegie Mellon, Berkeley, dan Columbia. Program ini terbagi atas 15 kurus: 3 kelas pengenalan, 7 kelas inti, 5 kelas pilihan.

6. GitHub

GitHub adalah tempat dimana lebih dari 31 juta pengembang berkolaborasi mengunggah kodenya dan mereview kode, mengatur proyek, dan membangun software bersama-sama. Banyak bahasa pemrograman yang digunakan di sini dan ada Coding Camp yang mengajarkan dasar-dasarnya.

Baca juga: 5 Bahasa Pemrograman Terpopuler pada Tahun 2020 dari GitHub

7. MIT Open Courseware

Jika kamu sudah memperlajari dasar-dasar pemrograman dan ingin mempelajari hal lain yang lebih rumit, manfaatkan situs courseware gratis dari MIT yang memiliki kursus untuk bahasa-bahasa spesifik seperti Java, MatLab, C, dan C++.

8. Hack.pledge()

Hack.pledge adalah komunitas pengembang, beberapa anggotanya adalah orang-orang ternama seperti Bram Cohen, penemu BitTorrent. Disini, kamu bisa menyempurnakan skill programingmu dengan belajar langsung dari pengembang kelas dunia.

9. Code Avengers

Code Avengers menyediakan pembelajaran programming yang menyenangkan dan interaktif untuk anak-anak usia 5 sampai 14 tahun, sampai dengan kelas untuk para profesional. Kursus yang disediakan berfokus pada desain game, dan banyak bahasa pemrograman lain.

10. Khan Academy

Khan Academy adalah salah satu institusi pembelajaran online gratis yang didirikan oleh seorang tenaga pendidik, Salman Khan, pada tahun 2006. Di sini, kamu bisa belajar bagaimana caranya membuat animasi dan game dengan menggunakan JavaScript dan ProcessingJS atau belajar cara membuat laman website dengan menggunakan HTML dan CSS.

Baca juga: 8 Skill IT yang Dibutuhkan Pada Tahun 2021

11. Free Food Camp

Pada situs ini, kamu bisa belajar menggunakan HTML, CSS, JavaScript, dan masih banyak lagi dengan mengikuti komunitas ini. Kamu juga bisa bekerja sama membangun aplikasi yang bisa digunakan secara gratis untuk menyelesaikan permasalahan secara nyata.

12. Web Fundamentals

Proyek ini dibentuk Google pada tahun 2010. Situs ini memiliki tingkatan yang lebih tinggi, jadi, sebelum bermain-main dengan kode HTML5 di sini, ada baiknya mempersiapkan beberapa pengetahuan dasar terlebih dahulu.

Jadi, kelas online mana yang akan kamu ambil?

(im)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya