4 Text Editor Terbaik dan Gratis untuk Programming

Teknologi.id . June 22, 2020

Foto: Medium

Teknologi.id - Pemilihan text editor yang digunakan untuk mengkoding, memeriksa dan mengedit kode program, serta menciptakan pengalaman pengguna yang lebih nyaman, terkadang sedikit membingungkan.

Hal tersebut dikarenakan saat ini telah banyak tersedia text editor yang saling bersaing dan memiliki kelebihan maupun kekurangan satu sama lain. 

Nah, bagi kamu yang kebingungan menentukan pilihan text editor mana yang ingin digunakan, berikut ini Teknologi.id rangkum 4 text editor terbaik dan gratis untuk programming.

4 Text Editor Terbaik dan Gratis untuk Programming

1. Notepad++

Notepad++ adalah software text editor populer yang bebas, gratis dan enteng dengan dibekali GUI yang sederhana dan menarik sehingga memudahkan pengguna.

Notepad++ dapat berjalan lancar di sistem operasi Windows dan mendukung sejumlah bahasa pemrograman, mulai dari Assembly, C, C++, C#, CSS, HTML, Java, JavaScript, Pascal, Perl, PHP, Python, Ruby, Shell, SQL, VB, XML dan masih banyak lainnya. Meski tampak sederhana, Notepad++ juga menyediakan beragam plugin khusus untuk mempermudah pekerjaan developer.

2. Sublime Text

Sublime Text juga salah satu software text editor yang sudah cukup populer di kalangan developer. Sublime menawarkan sejumlah fitur menarik seperti go to anything, command pallete, multiple selections, distraction free mode, split editing, instant project switch, customize anything, dan plugin API.

Jika fitur tersebut masih kurang memadai, Sublime menyediakan segudang stock plugin yang dapat diunduh dengan mudah. Text editor ini tersedia dalam dua versi, yakni berbayar dan gratis. Pastinya, versi berbayar menawarkan fitur yang jauh lebih lengkap.

Baca juga: 5 Bahasa Pemrograman Terpopuler pada Tahun 2020 dari GitHub

3. Atom

Atom merupakan software text editor bersifat open source dan tersedia untuk hampir segala platform. Atom dibuat dan dikembangkan oleh Github, namun sekarang dimiliki oleh Microsoft. Atom sendiri dibuat dengan menggunakan Sublime Text sebagai referensi, sehingga tampilannya pun juga sangat mirip dengan Sublime Text.

Sama dengan Sublime Text, Atom juga menyediakan beragam plugin tambahan yang dapat diunduh secara bebas dan gratis.

4. Visual Studio Code

Visual Studio Code adalah software text editor keluaran Microsoft. Meski terbilang masih baru, tapi text editor ini disukai oleh banyak developer.

Aplikasi ini mendukung hampir seluruh bahasa pemrograman seperti vb.net, C#, C, C++, Java, XML, HTML, .ASP, PHP dan lainnya. Walaupun dikembangkan oleh Microsoft, tetapi Visual Studio Code dapat berjalan di berbagai platform tidak hanya di Windows. Text editor ini pun dapat diunduh secara gratis.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya