Yahoo Groups Tutup 15 Desember, Akhir dari Era Internet Lama

Annisa Fadillah . October 14, 2020

Foto : PHD Media

Teknologi.id - Menghadapi penurunan penggunaan yang relatif stabil selama beberapa tahun terakhir, Yahoo telah membuat keputusan untuk menutup Yahoo Groups mulai tanggal 15 Desember mendatang. Verizon, yang membeli Yahoo pada 2017, mengumumkan keputusan tersebut hari ini melalui email yang dikirim ke pengguna Yahoo Groups dan pesan yang diposting di situs web Yahoo Groups.

Meskipun demikian, terlepas dari sejarah jangka panjangnya, layanan Yahoo Groups yang awal mula diluncurkan 19 tahun lalu pada tahun 2001, perlahan-lahan kehilangan sebagian besar basis pengguna yang dulu sangat besar.

"Yahoo Groups telah mengalami penurunan penggunaan yang stabil selama beberapa tahun terakhir. Selama periode yang sama, kami telah menyaksikan tingkat keterlibatan yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh properti kami saat pelanggan mencari konten premium yang dapat dipercaya. Meskipun keputusan ini tidak pernah mudah, terkadang kita harus membuat keputusan sulit terkait produk yang tidak lagi sesuai dengan strategi jangka panjang. Kita akan mengasah fokus kita pada area bisnis lainnya," kata perusahaan itu dalam pesan yang diposting di situs web.

Baca Juga : Yahoo Mail Tumbang di Sejumlah Negara, Punyamu Termasuk?

Pada 12 Oktober, pembuatan grup baru akan dinonaktifkan dan pada 15 Desember, orang tidak lagi dapat mengirim dan menerima email dari Yahoo Groups. Situs web juga tidak akan dapat diakses lagi. Sementara Yahoo Mail masih akan terus berfungsi normal hingga tanggal penutupannya.

"Email yang telah Anda kirim dan terima akan tetap ada di email Anda, meskipun mulai 15 Desember pesan tidak akan dikirim atau diterima dari anggota grup Anda. Jika Anda mencoba mengirim email ke grup Anda setelah 15 Desember, pesan Anda tidak akan terkirim dan Anda akan menerima pemberitahuan kegagalan," tambah Yahoo.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX DESIGNER, PRODUCT RESEARCH, ESPORT BUSINESS CLASS, DIGITAL MARKETING, dan SALES & MARKETING PROFESSIONAL bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Sementara itu, Verizon menyarankan kepada setiap anggota Yahoo Groups yang masih menggunakan Yahoo Mail untuk segera mengatur dan memindahkan data-data penting sebelum layanan ini tidak bisa diakses.

"Hanya fungsi email yang akan dibiarkan aktif, tetapi ini juga akan dihentikan setelah 15 Desember 2020, ketika kami berencana untuk menutup semua infrastruktur Yahoo Groups dan mengakhiri era bagi banyak pengguna internet awal," ungkap Verizon dikutip dari ZDNet.

Foto : Yahoo Groups

Baca Juga : Melania Trump Ketahuan Gunakan Akun Email Pribadi di White House

(af)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler