Clubhouse Digunakan Elon Musk, Calon Sosial Media Populer?

Fabian Pratama Kusumah . February 04, 2021

Foto: Man of Many

Teknologi.id - Belum lama ini, CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk melakukan sesi perbincangan via Clubhouse lalu mengunggahnya di kanal YouTube.

Clubhouse adalah aplikasi jejaring sosial berbasis audio dan bisa membagikan audio seperti media sosial lain. Aplikasi ini dirilis di AS pada Maret 2020 lalu.

Lewat aplikasi Clubhouse, pengguna bisa menikmati berbagai fitur di antaranya streaming audio, panggilan telepon, hingga membuat acara dengan topik khusus yang ditampilkan dalam bentuk podcast.

Baca juga: Efek Kudeta, Facebook dan WhatsApp Diblokir Militer Myanmar

Dikutip dari Kompas hari Kamis 04 Februari 2021, Clubhouse bisa diartikan sebagai platform untuk mengadakan diskusi virtual dengan topik tertentu yang nantinya dapat disaksikan secara langsung oleh pengguna lainnya.

Pengguna dapat memilih obrolan yang berbeda sesuai topik yang ingin diikuti. Pengguna bisa mendengarkan audio dari orang lain ataupun membuat ruang baru yang dapat didengarkan oleh orang lain.

Semakin banyak topik dan orang yang diikuti, semakin sering pula muncul rekomendasi acara yang sesuai dengan preferensi.

Baca juga: Awas! Ini 5 Aplikasi Selain WhatsApp GB yang Harus Dihindari

Perbedaan mendasar Clubhouse dengan media sosial lainnya, seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp adalah layanannya mempunyai format yang berbasis audio.

Tampilan ruang obrolan di aplikasi Clubhouse bisa dibilang simpel dan sederhana. Hanya ada foto profil dan nama pengguna di bawah foto tersebut.

Ketika sesi perbincangan selesai, nantinya ruang obrolan akan diselesaikan oleh moderator dan ditutup secara otomatis. Namun, pengguna Clubhouse tidak bisa menyimpan maupun merekam sesi percakapan yang sudah berlangsung tersebut.

Menariknya suara atau audio dari pengguna Clubhouse bisa dibilang masih asli karena belum ada fitur editing, efek suara, ataupun filter transisi.

Baca juga: Aplikasi Ini Jadi Andalan Warga Myanmar Usai Kudeta

Clubhouse juga belum ada iklan di dalamnya. Jika tertarik untuk bergabung, saat ini keanggotaan Clubhouse masih bersifat terbatas.

Clubhouse untuk saat ini baru tersedia di platform iOS dan bisa diunduh di toko aplikasi App Store. Namun, mereka tetap tidak dapat mengakses aplikasi atau ruang obrolan tanpa di undang oleh pengguna lainnya.

Peminat yang belum memiliki akun harus mendapat kode undangan terlebih dahulu dari orang yang sudah menjadi anggota Clubhouse.

Tiap anggota baru nantinya akan mendapat hak untuk mengundang dua pengguna baru lainnya. Jumlahnya mungkin akan ditambah seiring dengan meningkatnya pemakaian.

Pengundang harus memiliki nomor telepon orang yang akan diundang, untuk dikirimi pesan berisi tautan ke situs Clubhouse. Dalam situs tersebut calon pengguna bisa membuat akun dengan nomor telepon tadi.

Sedangkan bagi pengguna Android masih harus menunggu karena untuk versi Android sedang dikerjakan, tapi belum diketahui tanggal rilis aplikasi ini di Playstore.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar