Awas! Ini 5 Aplikasi Selain WhatsApp GB yang Harus Dihindari

Stefanie Tanaki . February 04, 2021

Foto: Netral News

Teknologi.id - Jagat dunia maya Twitter sedang diramaikan dengan topik WhatsApp GB atau WA GB. Aplikasi ini menjadi perbincangan hangat diantara netizen Twitter karena dianggap ilegal dan melanggar privasi pengguna. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut dapat diunduh diluar Play Store. 

WhatsApp GB merupakan aplikasi chatting tidak resmi yang mirip dengan WhatsApp. Aplikasi ini dikembangkan oleh pihak ketiga dan bukan merupakan aplikasi buatan WhatsApp Inc. WhatsApp GB hanya dapat digunakan di Android dan memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh WhatsApp.

WhatsApp menilai aplikasi WA GB telah melanggar ketentuan layanan dan bakal memblokir pengguna sementara yang menggunakan aplikasi tersebut. WhatsApp baru akan membuka blokir jika pengguna kembali menggunakan WhatsApp resmi. 

Namun, tahukah kamu bahwa WhatsApp GB bukanlah satu-satunya aplikasi tidak resmi yang mirip dengan WhatsApp? Dilansir dari Techzim, pada hari Kamis (4/2), berikut 5 aplikasi selain WhatsApp GB yang mirip dengan WhatsApp dan harus dihindari.

1. YOWhatsApp

Foto: Fullfreecoding

YoWhatsApp hadir dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengunci WhatsApp tanpa aplikasi pengunci dari pihak ketiga. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan kapan pesan terakhir dilihat (last seen) untuk sejumlah kontak yang dipilih. Hal ini tidak dapat dilakukan pengguna yang menggunakan WhatsApp resmi.

2. FMWhatsApp

Foto: Locker Project

Dengan FMWhatsApp, pengguna dapat menggunakan beberapa nomor sekaligus. Meskipun aplikasi ini menawarkan penyesuaian tema yang lebih sedikit, tetapi FMWhatsApp menyediakan opsi lain untuk obrolan.Dengan FMWhatsApp, pengguna dapat mengirim file dengan ukuran lebih dari 1GB dan menawarkan lebih dari 30 jenis tanda centang (ticks) dan bubble chat style.

3. OGWhatsApp

Foto: APKFolks

OGWhatsApp memiliki banyak tema, peningkatan batas jumlah huruf dalam status dan kemampuan untuk mengirim file video dan audio berukuran besar. Selain itu, pengguna juga dapat memperbesar gambar profil kontak.

4. GBWhatsApp MiNi

Foto: APKFolks

GBWhatsApp MiNi adalah aplikasi ringan yang dapat berjalan di smartphone Android entry-level yang memiliki RAM dan daya CPU lebih sedikit. Aplikasi ini menggunakan Whatsapp Skin resmi yang biasa juga digunakan pada WhatsApp resmi. Meskipun begitu, aplikasi ini juga menyediakan pilihan penggantian warna dan tema.

5. WhatsApp Indigo

Foto: NewsInFilm

WhatsApp Indigo memiliki bubble chat yang dimodifikasi dalam berbagai warna seperti cyan, grey, crayon, pink, dan lain sebagainya. WhatsApp Indigo memungkinkan pengguna untuk mengirim file sebesar 72MB dan mengirim gambar dalam kualitas aslinya.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan FPS Game di Laptop maupun PC

Walaupun menawarkan fitur yang menarik dan berbeda dari WhatsApp, namun pengguna tetap harus menghindari aplikasi-aplikasi ini. Pasalnya, sama dengan WhatsApp GB, aplikasi-aplikasi ini dapat diunduh di luar Play Store. Umumnya, aplikasi yang dapat diunduh di luar Play Store merupakan aplikasi ilegal dan tidak dapat dipastikan keamanannya. Oleh karena itu, pengguna disarankan agar hanya mengunduh aplikasi yang ada di Play Store. 

(st)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler