Cara Cek Tagihan Listrik yang Membengkak dan Pengaduannya di Aplikasi PLN

Teknologi.id . June 10, 2020

Foto: Solopos.com


Teknologi.id - Keluh kesah pelanggan PLN perihal kenaikan tagihan listrik pasca bayar ramai menghiasi berbagai media sosial belakangan ini.

Pasalnya kenaikan jumlah tagihan tersebut dirasa sejumlah pihak terlalu janggal karena kenaikannya yang cukup drastis dari tagihan bulan sebelumnya, bahkan ada seorang pelanggan PLN yang mengalami kenaikan sembilan kali lipat dibanding tagihan listrik bulan lalu.

Nah, bagi yang belum tahu, sekarang kalian bisa langsung melakukan pengecekan tagihan listrik menggunakan aplikasi PLN Mobile, loh. Bila sudah dicek dan ternyata mengalami kenaikan yang tidak wajar hingga berlipat-lipat, kalian juga bisa langsung mengadukannya melalui aplikasi tersebut. Bagaimana caranya?

Baca juga: Agar Tagihan Tak Membengkak, Begini Cara Kirim Foto Meteran Listrik ke PLN

Cara Cek Tagihan Listrik di Aplikasi PLN

Untuk mengecek peningkatan tagihan listrik di aplikasi PLN Mobile bisa ikuti langkah di bawah ini.


  • Download aplikasi PLN Mobile di Google Play Store atau Apple App Store.
  • Daftar akun dengan mengisi nama lengkap, IDPEL/Nomor Meter, lokasi, nomor handphone, email, dan password sebanyak 6 digit.
  • Setelah membuat akun, pilih login. Kemudian akan muncul di halaman depan aplikasi PLN Mobile.
  • Pilih tab "Informasi", lalu ketuk "Informasi Tagihan dan Token Listrik".
  • Di halaman "Informasi Tagihan dan Token Listrik" tertera grafik naik-turun yang memperlihatkan pemakaian dan jumlah tagihan listrikmu. Garis hijau menunjukkan jumlah tagihan dalam Rupiah, lalu garis kuning merupakan pemakaian listrik dalam hitungan kWh meter.
Berdasarkan data yang tersedia di aplikasi tersebut, kamu bisa hitung besaran tagihan, apakah sesuai dengan pemakaian listrik yang dipakai atau tidak.


Cara Pengaduan Tagihan Listrik di Aplikasi PLN

Bila benar setelah dicek ternyata tagihan mengalami kenaikan yang tidak wajar, kalian bisa langsung melakukan pengaduan di aplikasi PLN.

Beberapa fitur pengaduan yang dapat dipilih diantaranya melalui chat live dengan customer service officer (CSO), mengubungi Contact Center PLN 123 tanpa melalui Voice Over Internet Protocol (VoIP) sehingga tidak dikenakan biaya, atau menelepon PLN 123 dengan jaringan GSM.

Selain itu, kalian juga bisa memilih fitur pengaduan dengan pengisian formulir. Isikan nomor IDPEL/Nomor Meter, jenis pengaduan, lokasi, deskripsi gangguan, dan foto meteran sebagai bukti.

Formulir yang sudah dikirim bisa diketahui sejauh mana telah diproses oleh PLN melalui aplikasi.

Baca juga: Xiaomi Mijia Electric Scooter 1S Resmi Dirilis, Harga Rp 4 Jutaan

Aplikasi PLN Mobile saat ini sudah bisa di-download gratis di Google Play Store untuk pengguna Android dan Apple Apps Store untuk pemilik iPhone.

Fungsi PLN Mobile ini bisa memberikan informasi tagihan bulan pelanggan PLN secara rinci selama 12 bulan terakhir, mulai biaya yang harus dibayar, pemakaian listrik dalam kWh meter.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar