Tahukah Kamu? Inilah Perbedaan Antara Ilmu Komputer, Teknik Komputer dan Teknologi Informasi!

Teknologi.id . October 02, 2018
Apa perbedaan antara Ilmu Komputer/Computer Science (CS) dan Teknologi Informasi/Information Technology (IT)? Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh banyak orang yang ingin mengejar karir di industri teknologi. Tak cukup hanya itu, untuk membuat masalah lebih kompleks, ada subjek tambahan yang ditambahkan ke dalam dua subjek tersebut, yakni Teknik Komputer/Computer Engineering (CE). Dari permukaan, ketiga bidang itu tampak sama. Semuanya tentang komputer dan teknologi. Namun, dari perspektif yang lebih dalam, ketiganya ternyata sangat berbeda. Tetapi apa perbedaanya? Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Teknologi.id akan mengulas perbedaan antara Ilmu Komputer, Teknik Komputer, dan Teknologi Informasi. Tak hanya itu kita juga akan melihat prospek karir dari masing-masing subjek. Dilansir dari Technotification, berikut adalah perbedaan dari Ilmu Komputer, Teknik Komputer, dan Teknologi Informasi!

Ilmu Komputer

Ilmu komputer menggabungkan semua aspek kunci sains juga memberikan jawaban mengapa program komputer berperilaku dengan cara tertentu. Ilmu komputer menggali lebih dalam untuk memberikan penjelasan tentang teori aplikasi yang berbeda. Ilmu Komputer juga menerapkan kalkulus advanced untuk menghasilkan algoritma yang dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah komputasi. Sebagai ilmuwan komputer, kamu akan bertanggung jawab untuk menemukan cara-cara baru yang dapat digunakan untuk memanipulasi dan mengelola data. Kamu juga akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana sistem operasi dan kerja perangkat lunak. Dengan penguasaan ilmu komputer,  kamu akan terbantu dalam memahami setiap baris kode. Kamu juga akan mempelajari prinsip-prinsip kunci dari bahasa pemrograman yang berbeda, matematika diskrit dan pengembangan perangkat lunak. Subjek ini akan memberimu pemahaman yang jelas tentang bagaimana proses yang berbeda dalam kerja komputer. Secara keseluruhan, ilmu komputer memberimu kemampuan untuk berbicara dengan komputer. Karir di bidang Ilmu Komputer: Setelah meraih gelar di bidang Ilmu Komputer, berikut adalah beberapa jalur karir yang dapat kamu tempuh:
  1. System Engineer: Dari pengetahuan sistem operasi, kamu akan dapat merancang dan membuat sistem operasi perangkat.
  2. Pengembang perangkat lunak: Pekerjaan ini mengharuskan pengembangan aplikasi perangkat lunak dari awal menjadi sesuatu yang berarti.
  3. Pengembang Web: Sebagai pengembang web, kamu akan berurusan dengan backend situs web. Kamu juga akan bertanggung jawab untuk mengintegrasikan berbagai komponen situs web.

Teknik Komputer

Teknik komputer mengharuskan membawa berbagai komponen komputer bersama dan memastikan bahwa mereka dapat bekerja dengan lancar. Sebagai seorang insinyur komputer, tanggung jawabmu adalah mempelajari, merancang dan mengembangkan berbagai komponen komputer seperti microchip, kartu suara, papan sirkuit dan banyak lainnya. Teknik komputer mencakup komponen perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Hal ini karena seorang insinyur komputer akan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kedua aspek tersebut terintegrasi dengan baik. Misalnya, kamu harus merancang dan mengembangkan prosesor yang akan kompatibel dengan program komputer tertentu. Teknik komputer meliputi konsep ilmu komputer, matematika, dan teknik. Kombinasi ini memberi insinyur komputer pengetahuan dan keterampilan untuk memberikan solusi konkret. Karir di bidang Teknik Komputer:
  1. Manufaktur elektronik komputer: Kamu dapat bekerja di perusahaan yang berspesialisasi dalam pembuatan komponen komputer.
  2. Perancang sistem komputer: Seorang insinyur komputer memenuhi syarat untuk melakukan perancangan sistem.
  3. Penelitian ilmiah: Teknisi komputer juga dapat bekerja di perusahaan penelitian.

Teknologi Informasi/Sistem Informasi

Sebagian orang menyebutnya sebagai sistem informasi. Pada dasarnya, profesional TI menggunakan teknologi yang ada daripada menciptakan teknologi baru. Mereka menggunakan produk yang ada seperti sistem operasi dan perangkat lunak untuk memecahkan masalah yang mempengaruhi bisnis dan konsumen umum. Profesional TI memastikan bahwa ada koneksi tanpa batas antara teknologi dan penyediaan layanan yang ada. Mereka cenderung menghabiskan sebagian besar waktu mereka berinteraksi dengan orang-orang di luar departemen teknologi. Beberapa topik yang dicakup dalam karir ini termasuk jaringan komputer, sistem database, cybersecurity dan beberapa matematika dasar. Karir di bidang Teknologi Informasi:
  1. Administrator basis data: Di sini kamu akan mengatur dan mengelola basis data untuk organisasi.
  2. Insinyur jaringan: Pekerjaan ini mengharuskan merancang, membangun, dan memelihara jaringan komputer.
  3. Analis keamanan informasi: Pekerjaan ini memerlukan pengamanan sistem dalam organisasi dan mencegah serangan cyber.
  4. Administrator sistem: Pekerjaan ini mengharuskan pemeliharaan komputer, database, dan sistem jaringan dalam suatu organisasi.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, ilmuwan komputer merancang dan mengembangkan perangkat lunak dan aplikasi, insinyur komputer membangun komputer sementara spesialis TI menggunakan dan memecahkan masalah program komputer dan komponen terkaitnya. Semua profesional ini bekerja sama untuk memastikan bahwa sistem komputer berkinerja baik seperti yang diharapkan.  
Share :