Apa Itu Chatbot? Ini Dia Pengertian dan Plus Minusnya Bagi Olshop

Teknologi.id . September 03, 2020

apa itu chatbot
Foto: Blog Kwankoo


Teknologi.id - Bagi para pemilik bisnis atau online shop yang sudah melek teknologi digital, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya chatbot.

Namun, bagi yang belum terlalu tahu soal chatbot, mungkin akan terheran-heran ketika melakukan chat untuk membeli atau menanyakan jasa di suatu bisnis secara online, kemudian mendapati chat-nya bisa dibalas secepat kilat dalam satu kedipan mata.

Nah, untuk kalian yang belum tahu dan ingin mengetahui lebih dalam tentang apa itu chatbot, serta plus minusnya bagi bisnis atau online shop, simak artikel di bawah ini.

Baca juga: 10 Tips Jualan di Instagram Ampuh Bikin Olshop Banjir Orderan!

  • Pengertian Chatbot

Chatbot atau juga disebut chatterbot adalah program layanan obrolan yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan dengan satu atau lebih manusia baik secara audio maupun teks.

Chatbot diberikan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) yang memiliki kemampuan untuk menirukan percakapan manusia seperti saat kita sedang chatting atau mengobrol dengan suara selayaknya dengan orang sungguhan.

apa itu chatbot
Foto: Jasoren

Kemampuan AI yang memberikan kecerdasan virtual kepada chatbot membuatnya bisa menilai jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan yang dilontarkan kepadanya.

Cara yang dipakai chatbot agar bisa mendapatkan jawaban terbaik adalah melalui keyword. Ya, dengan sistem pengoperasian yang sudah ditanamkan kepadanya, maka chatbot bisa melihat keyword yang diberikan kepadanya dan melihat mana jawaban yang paling dekat dengan keyword tersebut sehingga setiap pertanyaan yang diberikan bisa dijawab dengan cepat.

Ada beberapa teknologi lainnya yang digunakan oleh chatbot agar menghasilkan aplikasi yang tepat untuk memberikan informasi yaitu Machine Learning, Deep Learning dan Natural Language Processing (NLP).

Itulah pengertian dari chatbot, namun setiap teknologi pastinya memiliki plus minusnya, alias kelebihan serta kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari teknologi robot tersebut? Itu yang akan diulas di bawah ini.

Baca juga: 7 Tips Instagram Stories yang Jarang Diketahui Orang

  • Kelebihan

Ada beberapa kelebihan yang bisa diberikan oleh chatbot terutama untuk para penjual online.

Kecepatan

Ketika konsumen ingin menanyakan sesuatu hal lewat website, maka robot ini bisa menjawab pertanyaan yang diajukan dengan cepat tanpa bertele-tele. Ini pastinya akan sangat disenangi oleh konsumen juga.

24/7

Jika menggunakan manusia di dalam urusan customer service seperti ini, terkadang ada kendala yang bisa didapatkan seiring pengoperasian, khususnya jam kerja. Namun tidak dengan chatbot karena teknologi ini tidak akan pernah tidur layaknya manusia sehingga kapan pun dan jam berapa pun ada pertanyaan, bahkan di hari libur, maka bisa segera dijawab.

Foto: Botmywork

Meminimalisir human error

Kelebihan chatbot juga pastinya dirasakan oleh pihak penjual online. Mereka tidak perlu lagi berurusan dengan manusia yang terkadang mengalami masalah human error, padahal yang namanya pebisnis, pastinya ingin mendapatkan kinerja terbaik. Dengan teknologi robot, maka urusan customer service menjadi mudah.

Memotong biaya customer service

Dengan adanya chatbot, tentu peran customer service manusia akan dikurangi atau bahkan dihilangkan. Dengan begitu, biaya untuk menggaji karyawan di bagian customer service pun bisa ditekan dan dialihkan untuk sektor lainnya.

Baca juga: Beda HP Second dan Rekondisi atau Refurbish, Pilih Mana?

  • Kekurangan

Tidak hanya kelebihan saja yang dimiliki chatbot, kekurangan pun juga pastinya ada seperti:

Mematikan peran customer service

Lapangan kerja yang biasa dikerjakan oleh manusia ini pastinya akan pelan-pelan mati ketika teknologi mulai masuk. Yang biasanya diisi manusia, kini diisi oleh robot. Dan itu sangat merugikan dari pihak yang bekerja di bagian customer service karena kehilangan lapangan pekerjaan.

Foto: Kowawa

Tidak bisa menjawab seluruh keluhan

Di dalam menjalankan bisnis, pasti ada saja masalah yang menimpa konsumen dan meminta pertanggungjawaban. Sayangnya ketika berhubungan dengan chatbot, maka bisa saja apa yang diinginkan oleh konsumen tidak bisa dijawab dan dipenuhi olehnya sehingga tidak memberikan rasa puas dan malah menambah masalah baru.

(dwk)

Share :