10 Tips Jualan di Instagram Ampuh Bikin Olshop Banjir Orderan!

Teknologi.id . July 16, 2020

Foto: Saveas Brand

Teknologi.id - Instagram, sebagai salah satu platform media sosial populer untuk mengunggah foto dan video, saat ini memiliki pengguna aktif bulanan mencapai 1 miliar.

Tentunya jumlah yang sangat fantastis, terlebih bagi mereka yang mampu melihat peluang untuk menjadikannya cuan, Instagram bagaikan pasar bebas dengan miliaran calon pembeli.

Ya, saat ini Instagram semakin populer digunakan para pemilik usaha terutama online shop alias toko online untuk menawarkan produk dan mem-branding usahanya agar semakin dikenal publik.

Nah, bagi kalian pemilik online shop yang usahanya masih 'gitu-gitu aja' alias susah berkembang, ini dia tips jualan di Instagram yang ampuh agar online shop kalian banjir orderan dan makin cuan tentunya.

Baca juga: Cara Membuat Filter Instagram Sendiri, Gampang Banget!

Tips Jualan di Instagram Agar Online Shop Banjir Orderan

1. Gunakan Akun Bisnis

Gunakan akun bisnis untuk mendapatkan akses ke fitur yang tidak dapat kalian gunakan di akun pribadi.

Seperti:

  • Insight 
  • Instagram Ads
  • Informasi kontak dan tombol “call-to-action” di profil kalian
Dengan begitu, kalian bisa lebih mudah mengetahui perkembangan usahamu di Instagram.



2. Tentukan Target Pembeli

Menentukan target pembeli merupakan bagian terpenting dalam berbisnis. Dengan menentukan target pembeli, kalian akan lebih mudah menentukan produk apa yang ingin kalian jual, dan bagian lainnya.

Lantas, bagaimana cara menentukan target pembeli? Kalian bisa melihatnya dari fitur Insight.

Dari fitur tersebut kalian bisa menentukan strategi pemasaran produk untuk disesuaikan dengan target pembeli. Misalnya, kebanyakan audience kalian adalah para pria, jadi kalian bisa lebih banyak menawarkan produk yang lebih 'pria'. Dengan begitu, produk kalian akan lebih berpeluang dilirik oleh para target pembeli.

3. Optimalkan Profil Olshop

Buatlah kesan pertama yang menarik ketika orang-orang mengunjungi profil olshop kalian, terutama Bio Instagram. Kalian bisa merombak Bio Instagram dengan menuliskan tentang produk yang dijual hingga alasan kenapa orang-orang harus mengikuti akun olshop kalian.

Namun, penulisan di Bio juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Cantumkan nama usaha atau produk kaliana minimal 30 karakter.
  • Cantumkan tagline, jika ada.
  • Cantumkan website atau tautan olshop kalian, bila ada
  • Cantumkan kategori olshop kalian, misalnya produk kecantikan, kesehatan atau sebagainya.
  • Cantumkan info kontak untuk para calon pembeli

4. Foto Produk yang Eye-catching


Foto: Visme


Instagram adalah media visual, jadi pastikan untuk mengambil gambar produkmu dengan angle yang eye catching dan berbeda dari lainnya.

Foto yang bagus akan membuat mereka tertarik untuk membuka profilmu dan membeli produkmu. Bila perlu, beri sentuhan artistik dengan beberapa filter maupun aplikasi editor photo untuk mempercantik foto produk kalian.


Selain memancing ketertarikan calon pembeli, foto-foto yang kece itu juga bakal membuat feeds Instagram kalian jadi lebih cantik dipandang.

Baca juga: 7 Tips Instagram Stories yang Jarang Diketahui Orang

5. Caption yang Unik dan Menarik


Foto: Shopify


Instagram adalah media yang mengandalkan visual, tapi bukan berarti kalian bisa mengabaikan tulisan atau yang biasa disebut dengan Caption.

Dalam membuat “caption” banyak hal yang perlu kalian perhatikan, diantaranya:

  • Harus relevan dengan foto maupun video kalian, menghibur dan informatif.
  • Gunakan bahasa yang sesuai dengan target pembeli, misalnya menggunakan kata “Saya dan Anda” dan sebagainya.
  • Gunakan headline yang menarik alias click bait agar orang-orang tertarik membaca hingga selesai.
  • Sesekali gunakan kemampuan bercerita atau story telling agar tidak terkesan to the point.
  • Gunakan call-to-action dan kalimat yang dapat memancing followers kalian untuk berkomentar.

6. Manfaatkan Hashtag


Foto: Fiverr


Hashtag adalah cara utama untuk mempermudah akun olshop kalian ditemukan oleh pengguna yang tidak mengikuti akun kalian. Kalian dapat menggunakan hingga 15 hashtag di setiap postingan. 

Pastikan untuk menggunakan hashtag yang relevan dengan postingan kalian. Misalnya,untuk olshop yang menjual sneakers, kalian bisa menggunakan hashtag, seperti, #sneakers2020, #sneakersmurah, #sneakersoriginal, dan sebagainya.

Selain itu, banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan jika menggunakan hashtag, antara lain:

  • Akun kalian akan mudah ditemukan oleh orang-orang dengan minat yang sejenis
  • Mendatangkan banyak followers baru.
  • Postingan kalian bisa terkenal.

7. Tingkatkan Keterlibatan


Foto: 9to5mac


Jika kalian ingin memiliki engagement yang tinggi, kalian juga harus terlibat di dalamnya. Misalnya ketika kalian memposting konten, tapi kalian justru mengabaikan komentar dan tidak pernah berinteraksi dengan followers, maka jangan heran jika engagement kalian tidak mengalami peningkatan sehingga penjualan pun tak berkembang.

Minimal, tanggapi komentar yang kalian anggap perlu dijawab. Selain itu, kalian juga bisa ikut berkomentar di akun-akun terkenal, seperti Selebgram, Selebriti maupun akun publik.

8. Posting di Waktu yang Tepat

Tahukah kalian waktu yang tepat untuk memposting di Instagram? Secara umum, pukul 11:00, 15:00 dan 19:00 WIB adalah waktu yang tepat untuk kalian posting konten di Instagram. Kenapa?

Karena di waktu tersebut, banyak orang-orang yang beraktifitas di sosial medianya terutama Instagram. Namun, hal tersebut juga bergantung kebiasaan pengguna di tempat tertentu. Manfaatkan fitur Insight untuk mengetahui kapan tepatnya kalian harus memposting konten olshopmu.

Baca juga: Obati Penasaranmu, Begini Cara Melihat Akun Instagram yang Di-Private

9. Gunakan Jasa Endorse/Paid Promote


Foto: Saveas Brand


Menggunakan jasa endorse maupun paid promote dapat membantu membangun kredibilitas onlinse shop kalian dan mendatangkan banyak followers baru. 

Namun, yang perlu kalian perhatikan sebelum menggunakan jasa endorse maupun paid promote yaitu pemilihan “orang” tersebut.

Kalian tidak bisa sembarangan dalam memilih Influencer, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, antara lain:

  • Jumlah followers. minimal 10 ribu followers agar mampu menjangkau lebih banyak pengguna
  • Bagaimana interaksi Influencer tersebut terhadap followersnya, apakah aktif? Ramah?
  • Apakah Influencer tersebut pernah menerima endorse? Jika iya, kalian bisa mengunjungi akun produk yang pernah Influencer tersebut endorse, lalu perhatikan, seberapa pengaruhnya pada akun tersebut. Namun sebaliknya, jika belum, maka kalian bisa melihat poin pertama dan kedua.
  • Sesuaikan influencer dengan produk yang kalian jual. Misalkan, produk hijab, kalian bisa meng-endorse Influencer yang menggunakan hijab juga.

10. Gunakan Instagram Ads

Foto:Uptown Serviced Office


Cara paling tepat untuk mendapatkan followers baru adalah dengan menjalankan Instagram Ads.  Saat ini lebih dari dua juta akun bisnis sudah menggunakan Instagram Ads. 

Instagram Ads memiliki kelebihan tersendiri, yaitu dalam menentukan target pasar berdasarkan:

  • Lokasi: Negara, provinsi, kota, dan sebagainya
  • Demografi: Usia, jenis kelamin, dan bahasa
  • Minat: Seperti akun lain yang diikuti orang dan aplikasi yang mereka gunakan
  • Perilaku: Instagram aktif dan nonaktif

Kalian dapat beriklan melalui feed atau Instagram Story, sehingga memperbesar peluang untuk membesarkan olshop kalian hingga nantinya mendapatkan banjir orderan.

(dwk)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler