Hari Ini, Microsoft Setop Dukungan untuk Windows 7

Teknologi.id . January 14, 2020

Windows 7

Foto: Pinterest


Teknologi.id - Mulai hari ini (14/1/2020), Microsoft resmi menghentikan dukungan untuk Windows 7. Dukungan itu menyangkut teknis untuk masalah apa pun, pembaruan perangkat lunak, dan pembaruan atau perbaikan keamanan.

"Dukungan untuk Windows 7 mendekati akhir. Setelah 10 tahun, dukungan untuk Windows 7 akan segera berakhir pada 14 Januari 2020. Kami tahu perubahan bisa sulit, jadi kami di sini untuk membantu Anda dengan rekomendasi tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya," tulis Microsoft, dalam halaman resminya.

Baca juga: Halau Suara Bising, Earbuds Ini Bisa Tingkatkan Kualitas Tidurmu

Meski sudah tidak lagi didukung oleh Microsoft, pengguna Windows 7 masih bisa menggunakannya secara normal. Namun, keamanan perangkat pengguna akan jauh lebih rentan dan mudah ditembus berbagai ancaman keamanan, seperti virus, infeksi malware yang memanfaatkan celah keamanan yang sudah tidak lagi ditambal oleh Microsoft. 

Mulai 15 Januari 2020, pengguna Windows 7 akan mendapatkan peringatan atau notifikasi pop-up yang isinya memberitahukan bahwa OS yang digunakan sudah tidak lagi didukung oleh Microsoft.

Pengguna akan disarankan untuk melakukan upgrade sistem operasinya ke Windows 10. Pengguna Windows 7 untuk bisnis, harus membayar biaya tertentu agar terus mendapatkan dukungan pembaruan keamanan dari Microsoft. Biaya yang dikenakan berdasarkan per perangkat, dengan kenaikan harga setiap tahunnya.

Pembaruan keamanan berbayar ini akan tersedia untuk pengguna Windows 7 Professional dan Windows 7 Enterprise. Microsoft hanya menyediakan perpanjangan pembaruan keamanan yang berbayar untuk Windows 7 hingga Januari 2023.

Baca juga: Realme Buds Air Dipastikan Bakal Meluncur di Indonesia pada Tanggal Ini

Sementara itu, Google telah mengumumkan akan terus mendukung browser Chrome di Windows 7 hingga setidaknya Juli 2021.

Untuk diketahui, sistem operasi Windows 7 dirilis pada 2009. Dukungan yang diberikan Microsoft kepada Windows 7 sudah lama dikurangi, dimulai pada 13 Januari 2015. Selama periode tersebut hingga saat ini sebenarnya Windows 7 berada pada fase 'extended support'.

Pada periode 'extended support' ini, sudah tidak ada lagi fitur baru dan klaim garansi tidak lagi berlaku. Microsoft hanya memberikan dukungan untuk pembaruan guna 'menambal' sistem operasi ini untuk memastikan keamanan dan perbaikan bug.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar