Benarkah Apple Tambahkan Fitur Face ID di Mac?

Nimas Disri . July 27, 2020

Foto: Entertainment Box 

Teknologi.id - Beberapa perangkat Apple, seperti iPhone dan iPad, telah memiliki fitur Face ID yang memungkinkan penggunanya membuka kunci perangkat dengan teknologi pengenalan wajah. Namun, fitur Face ID ini belum tersedia untuk Mac. 

Face ID merupakan sistem pengenalan wajah yang dikembangkan oleh Apple untuk perangkat iPhone dan iPad Pro. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk membuka kunci perangkat, melakukan transaksi pembayaran, hingga mengakses data pribadi dengan autentikasi biometrik. 

Baca Juga: Apple Akan Gunakan Pembuluh Darah untuk Tingkatkan Performa Face ID dan Touch ID?

Beberapa waktu lalu, portal berita teknologi, 9to5 mac menemukan keberadaan kamera TrueDepth di macOS Big Sur. Penemuan ini menunjukkan kemungkinan adanya fitur Face ID di Mac. Disebutkan juga bahwa macOS Big Sur beta 3 memiliki ekstensi baru yaitu kode yang mendukung PearlCamera. Kode ini merupakan kode internal yang digunakan Apple untuk kamera TrueDepth dan fitur Face ID. Contoh kode yang terdapat dalam ekstensi ini, antara lain FaceDetect dan BioCapture, yang menegaskan bahwa Apple sedang mempersiapkan Face ID untuk macOS. 

Saat ini, perangkat Mac yang memiliki autentikasi biometrik untuk membuka kunci perangkat hanyalah MacBook Air dan MacBook Pro dengan Touch ID yang terintegrasi dengan keyboard. Nantinya, dengan kehadiran fitur Face ID, komputer Mac akan lebih mudah diakses dan nyaman, terutama untuk iMac yang tidak memiliki keyboard bawaan. 

Baca Juga: Facebook Luncurkan Opsi Kunci Messenger dengan Face ID dan Touch ID

Teknologi yang tak kalah penting dari pengembangan fitur Face ID ini adalah Neural Engine. Teknologi saraf ini sangat penting dalam Face ID karena berfungsi untuk menganalisis detail dan aspek wajah pengguna melalui model pembelajaran mesin dalam waktu sekian detik. Namun sampai sekarang, belum ada Neural Engine yang masuk ke Mac. 

Untuk rincian bagaimana fitur Face ID akan bekerja pada Mac, belum ada penjelasan lebih lanjut. Namun diperkirakan akan menggunakan cara operasi yang sama dengan iPhone dan iPad. 

(nd)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler