Facebook Luncurkan Opsi Kunci Messenger dengan Face ID dan Touch ID

Indah Mutia Ayudita . July 22, 2020

Opsi kunci Messenger dengan Face/Touch ID. Foto: AppleInsider

Teknologi.id - Facebook kini mengeluarkan opsi penguncian aplikasi Messenger dengan menggunakan Touch ID dan Face ID untuk versi iOS. Peningkatan keamanan ini akan menghentikan orang lain membuka chat Messenger.

Setelah diaktifkan, pengguna bisa memilih berapa lama waktu yang diperlukan Messenger untuk meminta login dengan Face/Touch ID.

Facebook telah berusaha mengembangkan opsi ini selama beberapa bulan. Facebook juga berencana untuk mengaktifkan enkripsi end-to-end sebagai pengaturan default sebagai bentuk peningkatan keamanan dari perusahaan tersebut terhadap seluruh aplikasi perpesanannya.

Baca juga: Facebook Hadirkan Fitur Berbagi Layar di Messanger Versi Ponsel

Rencana ini mendapat pengawasan penuh dari pemerintah karena mereka khawatir dengan menggunakan full enkripsi pada aplikasinya, kegiatan kriminal di Facebook akan meningkat.

Sebelumnya, pihak berwenang sudah khawatir dengan ekripsi pada WhatsApp.

Meskipun begitu, Facebook tetap akan melanjutkan rencananya untuk meningkatkan keamanan perpesanan. Opsi penguncian aplikasi Messenger ini merupakan sebagian kecil dari rencana besar Facebook, menjadi bukti bahwa pengguna ingin privasi dan keamanan dalam obrolannya.

Baca juga: Disney Ikutan Boikot Iklan Facebook?

Penguncian Messenger dengan sidik jari atau pemindai wajah juga akan tersedia untuk Android dalam beberapa waktu ke depan.

Facebook Messenger memiliki opsi mode chat 'Secret' yang terenkripsi penuh untuk menjaga privasi penggunanya.

Opsi yang sama mungkin akan diterapkan pada WhatsApp dan Instagram karena Facebook berencana untuk menggabungkan fungsionalitas perpesanan dari ketiga aplikasi tersebut.

Kapan fitur ini akan muncul pada aplikasi Facebook yang lain? Kita tunggu saja, ya!

(im)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler