Bantu Tenaga Medis, 2 Startup Unicorn Indonesia Sumbang Rp 1 Miliar

Sutrisno Zulikifli . March 25, 2020

Tenaga Medis

Foto: Grid.ID

Teknologi.id - Dua perusahaan rintisan (startup) berpredikat unicorn asal Indonesia, OVO dan Tokopedia menyumbang masing-masing Rp 1 Miliar untuk membantu melawan penyebaran virus corona (Covid-19). Selain keduanya, ikut bergabung pula startup decacorn Grab, dalam donasi tersebut.

Total donasi Rp 3 miliar tersebut akan digunakan untuk membantu penyediaan alat perlindungan diri bagi para tenaga medis. Untuk penyaluran donasi ini, ketiga perusahaan bekerja sama dengan platform crowdfunding BenihBaik.com (Benih Baik).

Donasi disalurkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI), yang memimpin Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Baca juga: Startup Asal Yogya Sajikan Peta Penyebaran COVID-19 di Indonesia Berbasis Big Data

"Sejak awal, Tokopedia melakukan berbagai inisiatif dan mengambil tindakan tegas untuk membantu penjual, pembeli dan mitra strategis lainnya tetap dapat memanfaatkan layanan Tokopedia dengan harga dan kualitas terjaga," kata Vice Chairman sekaligus co-founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, dalam keterangan resmi, yang dikutip dari Liputan6.com, pada Rabu (25/4/2020).

Menurutnya, inisiatif dan tindakan itu adalah bagian dari upaya Tokopedia untuk meredam laju penyebaran Covid-19 dan memudahkan masyarakat untuk #DiRumahAjaDulu.

Selain itu, Tokopedia juga telah menyumbang lebih dari 150.000 masker untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang membutuhkan di Hongkong, seperti ART, pekerja kapal dan buruh migran lain yang rentan, tapi cenderung tidak punya akses ke produk kesehatan.

Menanggapi itu, Kepala BNPB, Doni Monardo, menyambut baik. Donasi ini, kata Doni, akan didedikasikan untuk tim tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menangani ratusan bahkan ribuan masyarakat yang kini membutuhkan penanganan.

Baca juga: Keren, UIN Malang Kembangkan Kabut Penyemprot dan Bilik Anti Virus Corona

"Supaya mereka bisa mendapat dukungan yang baik, sebagai pekerja terdepan bisa mendapatkan perhatian yang optimal," katanya.

Selain menyalurkan dana bantuan, Tokopedia, OVO dan Grab juga segera membuka kanal penghimpunan donasi di platform masing-masing, sehingga masyarakat ikut berkontribusi melawan Covid-19.

Salah satunya yakni Tokopedia, yang telah membuka dua kanal donasi untuk mengajak masyarakat membantu pengadaan multivitamin, APD standar dan sanitizer untuk tenaga medis, yaitu lewat fitur "Bantu Pejuang COVID-19" di halaman Checkout Tokopedia.

(sz)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya