Bagai CCTV Langit, Drone Elang Hitam Kombatan Akan Awasi Wilayah Indonesia

Teknologi.id . January 29, 2020

Indonesia

Foto: Angkasa News

Teknologi.id - Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) atau Drone Elang Hitam Kombatan akan difungsikan sebagai CCTV langit yang akan mengawasi wilayah Indonesia.

Drone Elang Hitam Kombatan seri EH-1,2,3,4 dan 5 rencananya akan dikembangkan mulai 2020 hingga 2022 oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) itu disebut oleh Kepala BPPT Hammam Riza akan berperan dalam menjaga kedaulatan wilayah Indonesia.

Baca juga: Xiaomi Luncurkan Fitur Pendeteksi Dini Virus Corona

“Drone Elang Hitam ini akan menjadi semacam CCTV (Closed Circuit Television) di Langit Nusantara guna menjaga kedaulatan dan pengawasan baik di wilayah darat maupun laut melalui pantauan udara,”ujar Hammam.

Hammam menambahkan, Drone Elang Hitam Kombatan nantinya juga akan dilengkapi dengan kemampuan pengintaian, pemantauan, pengunci target dan pengumpul informasi target, serta dilengkapi dengan sistem persenjataan yang mumpuni.

“Jadi Drone Elang Hitam juga akan dilengkapi fungsi ISTAR yakni Intelligence, Surveillance, Target Acquisition and Reconnaissance, dan Weapon System (Sistem Persenjataan),”ujarnya.

Dengan kelengkapan fungsi itu, Hammam menyebutkan, drone ini, juga akan menjadi alat intai di wilayah-wilayah perbatasan dan pulau-pulau terluar di Indonesia.

Baca juga: Ahli Medis Ungkap Siapa yang Paling Beresiko Tertular Virus Corona

Meski begitu, selain mengembangkan drone itu sendiri, Hammam berpendapat bahwa kita juga perlu mulai memikirkan pengembangan sistem pertahanan atau Alutsista anti Drone.

"Hal ini seperti yang sudah dilakukan Turki, sistem pertahanan antidrone nya terus dikembangkan. Seperti dengan menggunakan laser. Kami sudah mulai melakukan kliring atau penguasaan teknologi untuk sistem tersebut," pungkasnya.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya