Aplikasi Android Akan Hadir di Windows 10 pada 2021?

Teknologi.id . November 30, 2020

Foto: Daniel Rubino/ Windows Central via NDTV Gagdets

Teknologi.id - Microsoft baru-baru ini dilaporkan tengah menggarap "Project Latte" yang merupakan upaya dari raksasa perangkat lunak itu untuk menghadirkan aplikasi Android ke Windows 10.

Untuk diketahui, selama ini aplikasi Android bisa dijalankan di Windows 10 jika menggunakan software tambahan berupa emulator seperti Bluestack yang fokus pada game. Sementara itu, Microsoft memiliki alat Your Phone yang bisa menjalankan aplikasi dari ponsel yang kompatibel seperti Samsung Galaxy.

Namun, mulai tahun depan pengguna Windows 10 tampaknya tak perlu menggunakan emulator lagi untuk mengoperasikan aplikasi Android langsung dari komputer. 

Baca juga: Spotify Uji Coba Fitur Story seperti Twitter dan Instagram

Langkah tersebut merupakan upaya kedua dari Microsoft setelah menghadirkan Project Astoria pada 2015 yang berencana membawa dukungan untuk aplikasi Android ke Windows 10 Mobile tetapi akhirnya dibatalkan pada 2018.

Dilansir dari Gizmochina, Senin (30/11/2020), proyek baru tersebut kemungkinan besar akan didukung oleh Windows Subsystem for Linux (WSL).

Saat diluncurkan, pengembang akan dapat membawa aplikasi mereka ke Windows 10 dengan mudah "dengan sedikit atau tanpa perubahan mode." Aplikasi dikemas sebagai MSIX, format paket aplikasi Windows sebelum dikirimkan ke Microsoft Store.

Microsoft diperkirakan akan mengumumkan proyek tersebut tahun depan dan merilisnya sebagai bagian dari pembaruan Windows 10 sekitar musim gugur 2021 atau akhir tahun.

Jika benar direalisasikan, toko aplikasi Windows nantinya akan mendapatkan ribuan tambahan aplikasi. Meski demikian, tampilan aplikasinya masih menjadi pertanyaan mengingat banyaknya aplikasi Android yang dirancang untuk ponsel dan tampak kurang cocok untuk layar yang cukup besar.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar FULL STACK DEVELOPER, FRONT END REACT, FLUTTER MOBILE DEVELOPMENT, BACK END PYTHON, dan DATA SCIENCE bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Baca juga: Cara Mematikan Auto Update pada Windows 10

Lebih lanjut, sumber juga menyebutkan bahwa Project Latte kemungkinan tidak mendukung Play Services karena Google tidak mengizinkan layanan Play dipasang di perangkat yang tidak didukung oleh Android atau Chrome OS.

Tapi di sisi lain, jika Microsoft berhasil dengan Project Latte, Windows akan menjadi platform yang mendukung beberapa jenis paket aplikasi, termasuk PWA, UMP, Win32 dan Linux.

Dilansir dari Windows Central, Senin (30/11/2020), selain kemampuan menjalankan aplikasi Android, Microsoft dilaporkan juga akan memperkenalkan serangkaian fitur baru lainnya termasuk memperbarui tampilan UI dari sistem operasi. 

Microsoft juga berencana akan memasang emulasi aplikasi Windows 10 versi x86 64-bit untuk Windows 10 di perangkat ARM. Dengan demikian, aplikasi Windows yang sudah ada di desktop saat ini bisa digunakan juga di perangkat ARM seperti Surface Pro X.

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler