7 Tipe Programmer yang Harus Kamu Ketahui, Apa Kamu Salah Satunya?

Dunia pemrograman merupakan dunia yang sangat unik, asyik, menarik dan kadang ditemukan hal yang aneh pula. Begitu juga karakter programmer, sudah terbayang jika setiap programmer mempunyai tipe sendiri dalam menyelesaikan proyeknya.

Beberapa ada yang mempunyai tangan yang kuat dengan berjam-jam mengkoding sedangkan yang lainnya mempunyai kemampuan yang lebih kuat dibidang selain teknis. Jika kita membayangkannya seorang programmer selalu berhubungan dengang sosok super nerd berkacamata, pakai kaos gombrang dan introvert? Ets, belum tentu seperti itu.

Seorang programmer mempunya cara sendiri dalam menyelesaikan proyeknya, karena masing-masing programmer punya kesempurnaan tersendiri. Apa saja sih tipe-tipe programmer? berikut daftarnya:

Programmer Pemula

Yang satu ini adalah tingkatan paling rendah untuk seorang programmer, dalam skill-nya biasa dibilang level pemula. Yang masuk level ini adalah mereka yang baru mengenal pemrograman, masih bingung tentang pemrograman itu sendiri dan bagaimana cara memulainya. 

Programmer yang skill-nya masih ada di level ini biasanya membutuhkan panduan secara mendetail jika mempelajari sesuatu atau mengikuti tutorial. Dia bisa saja menyelesaikan satu program sederhana dengan mengikuti tutorial, tapi akan kesulitan jika harus memodifikasi program tersebut.

Noob Programmer

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan kata noob, kata ini sering orang gunakan untuk seorang yang belum berpengalaman dalam suatu bidang terutama bidang komputer atau yang berkaitan dengan penggunaan internet. Untuk tipe yang satu ini hampir sama dengan programmer pemula karena belum berpengalaman.

Kodingan keren adalah impian untuk tipe yang satu ini, selalu hadir saat ada bootcamps (program pelatihan ilmu informatika dengan materi yang relevan untuk kebutuhan industri sehingga berdampak lebih besar pada peluang karir) dan bergantung pada open source.

Programmer Bijak

sesuai dengan karakternya tipe programmer yang satu ini sangat bijak. Biasanya dia menjadi seorang monitor jika di perusahaan untuk membimbing anak baru. Seorang programmer bijak biasanya menguasai 5 bahasa sekaligus mungkin dan mengerti kode-kode 5 bahasa pemrograman tersebut.

Karena kebijakannya membuat dia dikerumuni oleh fans-fans yang ingin berfoto bareng. Tipe-tipe seperti ini biasanya suka membantu, memberikan solusi kepada pemula dalam menyelesaikan proyek atau masalah-masalahnya dan membantu noob programmer saat stack overflow.

Programmer Teoretis

Tipe programmer teoretis biasanya lebih tertarik dengan perencanaan pengembangan perangkat lunak. Ia akan banyak menghabiskan sebagian besar waktu untuk melamun di depan komputer dan membayangkan berbagai solusi untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Sisa waktunya dihabiskan dengan keluhan deadline yang mepet dan sedikit waktu yang ia gunakan untuk menulis kode. Kamu bisa menjumpai tipe programmer ini, ketika kamu mendengar salah satu kalimat yang sering ia katakan seperti ‘Kalau saja aku punya waktu yang lebih banyak, tentu aku bisa melakukannya dengan benar’.

Pemrogram Anti-Memprogram

Programmer satu ini punya tipikal tidak suka menulis kode. Bukan karena dia tidak bisa memprogram, tapi lebih karena dia punya pemikiran “untuk apa menulis ulang kode? bahkan untuk permasalahan yang kita hadapi sekarang pun sudah ada orang yang pernah membuat kodenya”. 

Jika ada masalah, tipe programmer ini lebih suka mencari kode yang sudah ada di Internet maupun buku-buku pemrograman yang ada. Dalam masalah yang biasa, tipe programmer ini dapat menyelesaikan dengan cepat dan tidak ingin menghabiskan banyak energi.  

Programmer Lakban

Seperti namanya, dia adalah bagian menambal ketika ada kerusakan pada suatu program. Ketika ditemukan kesalahan dalam kode program, tipe programmer ini akan memperbaiki kesalahan tersebut dengan cepat dan memastikannya supaya tidak error lagi.

Tipe programmer lakban mungkin tidak begitu peduli dengan kerapihan, efisiensi dan bobot selama solusi yang ia hasilkan dapat memperbaiki kesalahan kode. Dia akan selalu memperbaikinya dengan cepat tanpa membuang waktu yang sia-sia atau diskusi yang lama.

Programmer Keamanan

Yang terakhir adalah tipe yang biasanya paling ditakuti oleh banyak orang dan mengetahui trik blackhat. Blackhat adalah trik untuk menerobos sistem untuk mengambil informasi yang seharusnya tidak dia dapatkan biasanya disebut cracker. Meretas sebuah sistem adalah hobinya dan menggunakan ghostery dan VPN untuk menyembunyikan jejaknya.

Baca juga: 5 Algoritma Terbaik yang Harus Diketahui Setiap Programmer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *