3 Penggunaan Teknologi Paling Kreatif di 2020

Indah Mutia Ayudita . December 21, 2020

Foto: Morning Consult

Teknologi.id - Banyak perubahan-perubahan yang terjadi selama tahun 2020 berlangsung.

Cara menjalani kehidupan juga dipaksa untuk berubah dan seluruh orang di dunia diminta beradaptasi dengan kebiasaan protokol kesehatan setelah sebelumnya diminta untuk melakukan penguncian diri di rumah alias lockdown selama berbulan-bulan.

Beberapa orang memutuskan untuk berontak dari kebosanan yang melanda, mulai dari tren video TikTok, sampai tren mewarnai rambut dan membuat makanan dan minuman unik. Beberapa lainnya memutuskan untuk membuat terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi.

Baca juga: Hp Tidak Bisa Scan Barcode Otomatis? Ini Solusinya

Berikut beberapa kreativitas paling unik yang dibuat selama masa lockdown pandemi berlangsung.

1. Hogwarts Digital Escape Room

Foto: Sydney Krawiec

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar Full Stack Developer, Front End React, Flutter Mobile Development, Back End Python, dan Data Science bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Siapa bilang perlu alat yang sulit untuk membuat permainan yang menyenangkan? Seorang pustakawan, Sydney Krawiec dan rekan-rekan gurunya memutuskan untuk membuat soal latihan untuk anak didiknya dengan format yang unik. Dengan menggunakan Google Form yang mudah digunakan, mereka membuat soal dalam bentuk tantangan dengan tema-tema seri populer seperti Star Wars, Harry Potter, Jurassic World, dan Marvel Cinematic Universe. Para murid diminta untuk menjawab soal-soal geografi, matematika, dan kemampuan membaca mereka untuk menyelesaikan tantangan dan 'menyelamatkan diri'.

2. Photoshoot dengan FaceTime

Foto: Tim Dunk

Seorang fotografer pernikahan di Inggris, Tim Dunk memutuskan untuk mengambil proyek baru agar kreativitasnya tetap mengalir. Solusinya adalah pemotretan lewat aplikasi FaceTime. Untuk melakukannya, Subjek foto dan Dunk akan terhubung lewat aplikasi FaceTime. Dunk akan menentukan spot foto terbaik di rumah mereka untuk melakukan pemotretan. Kemudian, dengan menggunakan tombol Live Photo di iPhone Dunk akan mengambil foto selama panggilan FaceTime berlangsung, lalu mengeditnya di Lightroom. Dunk mengenakan biaya sebesar GBP 10 (Rp 191 ribu) dari setiap pemotretan yang akan didonasikannya untuk Trussell Trust, sebuah organisasi amal yang berbasis di Inggris yang mendukung bank makanan. Dunk juga membuat buku yang berisi foto-foto dari beberapa potret yang diambilnya dalam proyek ini, serta panduan untuk fotografer lain yang ingin melakukan hal serupa.

Baca juga: Menteri Luhut Dukung Mobil Listrik untuk Kendaraan Dinas

3. Proyek Sains Lewat TikTok

@mrs.b.tv

An oldie but a goodie! #learnontiktok #happyholidays #holidaycrafts #scienceexperiments #scienceathome

♬ Christmas Hip Hop 3 - Tini Mc
Jika ada aplikasi yang mengalami momen puncak ketenaran di tahun 2020, itu adalah TikTok. Seorang guru sains yang berasal dari Jacksonville, Florida, Nancy Bullard, membuat akun yang diberi nama mrs.b.tv di TikTok. Mrs. Bullard mengenakan berbagai kostum, mulai dari astronot, hingga ayam dalam video-videonya, dan memandu siswa-siswanya untuk melakukan eksperimen sains yang dapat mereka lakukan di rumah dengan aman dan mudah.

(im)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler