Hp Tidak Bisa Scan Barcode Otomatis? Ini Solusinya

Rima Fidayani Rizki . December 21, 2020


Foto: Cnet

Teknologi.id - Di masa ini, smartphone sudah menjadi perangkat yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Jika dahulu berbagai fungsi hanya bisa dijalankan oleh perangkat tertentu, tampaknya kini smartphone telah menjadi perangkat yang multifungsi.

Baca Juga: Cara Mengosongkan Storage WhatsApp, Anti 'Nyampah'

Tidak hanya untuk keperluan komunikasi, seiring perkembangan teknologi fungsi smartphone pun semakin bertambah. Sebagai pemutar musik, alarm, hingga menjadi pemindai barcode. 

Biasanya, fungsi pemindai barcode ini bisa dilakukan oleh kamera smartphone keluaran terbaru secara otomatis. Namun, bagaimana dengan smartphone yang kameranya belum begitu mumpuni?

Tidak masalah, karena ada beberapa aplikasi pemindai barcode khusus untuk smartphone berbasis Android untuk melakukannya. Aplikasi-aplikasi di bawah ini bisa diunduh secara gratis di Play Store:

Barcode Scanner

Sumber: Google Play Store

Aplikasi pemindai barcode maupun QR code ini mampu memberikan info produk tanpa harus menutup layar kamera. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memindai banyak barcode atau QR code.

QRbot-QR & Barcode Reader

Sumber: Google Play Store

Aplikasi ini memiliki keunggulan berupa user interface yang cukup simpel dan mudah untuk digunakan. Selain bisa melakukan fungsi pemindaian banyak barcode atau QR code, aplikasi ini juga bisa membuat barcode sendiri.

Scanlife Barcode & QR Reader

Sumber: SallyPonchak

Aplikasi yang satu ini memiliki fitur yang cukup lengkap, di mana fungsi pemindaian QR code dan barcode sudah menjadi satu. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mendapatkan informasi harga dari beberapa produk yang menggunakan barcode.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar FULL STACK DEVELOPER, FRONT END REACT, FLUTTER MOBILE DEVELOPMENT, BACK END PYTHON, dan DATA SCIENCE bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Uniknya, aplikasi ini juga bisa memberikan informasi mengenai penawaran khusus atau diskon dari toko tempat barang tersebut dijual. Selain itu, ulasan mengenai produk tersebut juga bisa dibaca lewat aplikasi ini.

Free QR Scanner-Barcode Scanner, QR Code Reader

Sumber: Google Play Store

Dengan aplikasi ini, semua jenis QR code dan barcode yang ada bisa dipindai dan di-decode. Tidak hanya pada produk, tetapi juga yang ada di kontak, WiFi, URL, teks, email, lokasi, buku, kalender, dan lain sebagainya. Selain itu, kupon diskon atau kode promo juga bisa diihat lewat aplikasi ini. 

Baca Juga: Cara Mengatur Intensitas Getaran pada Android

FIXR - Entry Manager

Sumber: Google Play Store

Pengguna bisa memindai barcode tiket dan terverifikasi dengan mudah dan segera. Oleh karena itu, pengguna yang bekerja di bidang administrasi bandara sepertinya membutuhkan aplikasi ini.

(rf)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler