Lebih Cepat dari Wi-Fi, Oppo Patenkan Smartphone Berteknologi Li-Fi

Luthfiana Mifta . August 12, 2020


Foto: LetsGoDigital


Teknologi.id - Sebagaimana diketahui, perkembangan jaringan internet sampai saat ini sudah membawa manusia pada koneksi 5G. Kendati begitu, hampir semua orang masih mengandalkan Wi-Fi untuk konsumsi data mereka, bahkan melebihi 5G dan 4G. Karena itulah Wi-Fi 6, sebagai generasi terbaru koneksi internet nirkabel dihadirkan di perangkat flagship. 

Berdasarkan laporan dari LetsGoDigital (12/8), OPPO tampaknya sedang mengerjakan smartphone baru yang mendukung teknologi Li-Fi, yang diklaim jauh lebih cepat daripada Wi-Fi. Teknologi Li-Fi ini sebenarnya telah dikembangkan selama bertahun-tahun sebagai alternatif Wi-Fi.

Alih-alih mengandalkan gelombang radio seperti Wi-Fi, teknologi Li-Fi justru menggunakan cahaya melalui lampu LED. Hal inilah yang menjadi alasan penamaan teknologi Li-Fi, yaitu Light Fidelity. OPPO sendiri telah mengajukan paten ponsel dengan dukungan teknologi Li-Fi, bahkan kini telah dipublikasikan.

Baca juga: Produser Game Street Fighter Mundur Setelah Hampir 30 Tahun di Capcom

Paten tersebut menunjukkan smartphone dengan desain layar penuh dan bezel sempit. Tidak ada kamera depan yang terlihat. Hal ini menunjukkan akan ada mekanisme pop-up untuk sensor di kamera depan.

Hal ini juga menunjukkan kemungkinan penempatan sensor Li-Fi tepat di sebelah modul kamera di bagian belakang, atau di tepi atas ponsel. Sensor ini berbentuk persegi dan kemungkinan besar merupakan photodetector yang mengubah perubahan amplitudo menjadi sinyal listrik untuk mengaktifkan komunikasi Li-Fi dengan smartphone.

Sayangnya sampai saat ini belum banyak informasi terkait teknologi baru ini. Belum diketahui juga, apakah Oppo akan benar-benar menggunakan teknologi ini di smartphone buatannya. Kalau pun benar, smartphone dengan teknologi Li-Fi ini diprediksi tidak akan meluncur dalam waktu dekat. 

Baca juga: Keren, Jepang Siapkan Satelit yang Bisa Bersihkan Sampah Antariksa

(lm)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler