Daftar Robot-Robot Canggih yang Bakalan Bikin Kagum

Luthfiana Mifta . July 17, 2020


Foto: promo-bot.ai


Teknologi.id - Jika kalian sering melihat film dengan pemainnya berupa robot-robot yang bisa berbicara, berjalan, dan juga menunjukkan ekspresi layaknya manusia, ternyata hal tersebut bisa mungkin terjadi di dunia nyata loh. Pasalnya beberapa perusahaan asal Hong Kong, Jepang, dan beberapa negara lainnya terus berlomba-lomba untuk menciptakan robot yang menyerupai manusia. Meskipun belum sempurna, namun karya dan inovasi mereka layak untuk diapresiasi.

Siapa saja robot-robot itu? Yuk, simak yang berikut ini:

Baca juga: Cara Jitu Amankan Akun Twitter Agar Tidak Kena Hack

1. Sofia


Foto: cartlandlaw


Sofia bukanlah robot biasa. Penggunaan artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang ditanamkan di otaknya membuat Sophia mampu untuk diajak berkomunikasi dengan manusia loh. Robot Sophia sendiri diciptakan oleh perusahaan Hong Kong bernama Hanson Robotics. Ketika berbincang, Sophia bisa melakukan kontak mata dengan lawan bicaranya, termasuk menunjukkan ekspresi senyum dan sedih. Sophia juga bisa bertanya balik hingga diajak curhat untuk kemudian memberi wejangan atau saran kepada mereka yang mengajaknya berbincang. Wah luar biasa! 

2. Robo-C


Foto: promo-bot.ai


Robo-C adalah robot humanoid yang dapat berkomunikasi dengan manusia. Robot ini juga bisa mengekspresikan emosi dan terhubung dengan layanan dan aplikasi pihak ketiga. Robo-C sekilas nampak seperti manusia normal. "Wajah" Robo-C sendiri dapat menampilkan lebih dari 600 varian ekspresi wajah manusia loh. Robot ini dapat menggerakkan matanya, alis, bibir, leher, dan otot wajah. Jika kamu mengajaknya berbicara, jangan kaget ya kalau dia bisa menjawab bahkan memberikan saran, dia juga bisa mengenali wajahmu loh. Wah keren !

3. Pepper


Foto: theregister.com


Pepper merupakan robot semi-humanoid yang diproduksi oleh SoftBank Robotics, yang dirancang dengan kemampuan untuk membaca emosi. Robot putih ini diperkenalkan dalam sebuah konferensi pada tanggal 5 Juni 2014 lalu, dan dipamerkan di toko ponsel SoftBank di Jepang. Pepper dirancang bukan sebagai robot fungsional untuk keperluan rumah tangga. Sebaliknya, Pepper dimaksudkan untuk membuat orang untuk lebih menikmati hidup, dan menghubungkan orang-orang dengan dunia luar. Papper bahkan sudah digunakan di lebih dari 1.000 rumah di Jepang.

Baca juga: Webex Ikut Luncurkan Fitur Virtual Background, Begini Cara Mengaktifkannya

4. Ubtech’s Walker


Foto: Youtube


Walker adalah robot keluaran dari UBTech yang mampu berjalan bebas di sekitar rumah, mengambil barang, membuka pintu, dan memberikan hiburan melalui speaker onboard-nya. Robot ini juga bisa menggantungkan tas, mengambil soda dan kaleng keripik, memainkan musik, dan bahkan menari. Walker memiliki bentuk tubuh yang besar dan bisa membantu kegiatan manusia. Diperkirakan harga dari Robotwalker akan sangat fantastis mengingat fungsi dan ukuran dari Robot ini sangat besar. Namun, pihak dari UB tech meyakinkan bahwa harga robot ini tidak akan terlalu mahal jika permintaan teknologi ini meningkat di pasaran.

5. Buddy


Foto: Youtube


Dari bentuknya yang sangat lucu, robot ini sepertinya sangat ramah. Buddy adalah robot yang dirancang untuk menemani kalian di rumah. Robot ini diciptakan sebagai pendamping untuk kalian, anak kecil, ataupun mereka yang sudah lanjut usia. Buddy akan berjaga di rumah jika kamu sedang keluar rumah, dan kamu bisa melihat apa yang robot ini lihat melalui aplikasi di smartphone. Hebatnya, kamu juga bisa berbicara dengan robot ini walaupun di luar rumah. Robot ini memiliki sensor untuk mendeteksi panas yang bisa digunakan untuk mendeteksi kebakaran, melihat orang lain dalam gelap, bisa membedakan setiap orang, bahkan bisa mendeteksi bahwa pakaian kalian harus segera di cuci. Wah lengkap sekali ya !

Baca juga: Podcast Michelle Obama Mengudara Eksklusif di Spotify Mulai 29 Juli

(lm)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler