Apple akan Rilis iOS 14.3 dengan Sejumlah Fitur Baru

Super Intern . December 10, 2020

Foto: ElectroDealPro

Teknologi.id - iOS 14.3 RC (Release Candidate) telah dirilis Apple. Buat kamu yang belum tahu, release candidate adalah versi penutup dari sebuah versi Beta yang kode versinya sama dengan yang akan digunakan pengguna umum. 

Biasanya setelah merilis release candidate, update iOS untuk pengguna umum dengan kode yang sama akan tersedia 24 jam berikutnya atau beberapa hari berikutnya.

Artinya, iOS 14.3 tidak lama lagi bisa digunakan oleh pengguna iPhone di seluruh dunia. Apa saja fitur barunya? Simak artikel di bawah ini!

1. ProRAW


Foto: CNet

ProRAW tersedia di iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Fitur ini merupakan format pencitraan baru yang menyatukan fotografi komputasi Apple dengan pengambilan gambar dalam RAW.

Namun, ketika kedua seri iPhone tersebut dirilis, fitur ProRAW belum bisa digunakan. Pengguna iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max harus mengupdate iOS mereka ke iOS 14.3 untuk bisa menggunakan fitur ProRAW.

Jika iOS 14.3 sudah terpasang, dan ingin menggunakan fitur ProRAW, ada beberapa langkah untuk mengaktifkan fitur tersebut:

  • Buka Settings
  • Lalu tekan Camera
  • Klik Format
  • Kemudian pada Apple ProRAW, geser tombol ke kanan

2. Shortcut App

Foto: iMore

Shortcut App termasuk yang mendapatkan fitur baru di iOS 14.3 yang memudahkan pengguna untuk mengatur aplikasi, karena kemampuannya untuk menjalankan Shortcut dari Home tanpa harus mengeluarkan pintasan terlebih dahulu.

Baca Juga: Google Temukan Celah Keamanan di iOS

3. Fitness+

Foto: Apple

Fitness+ adalah layanan berbayar untuk olahraga. Fitness+ ini sebelumnya sudah ada di Apple Watch Series 6 yang dirilis September lalu.

Saat itu, Apple juga berjanji bahwa Fitness+ juga akan dirilis di akhir tahun, dan memang benar Fitness+ tersedia di iOS 14.3. Untuk menikmati Fitness+, pengguna dikenakan tarif sebesar USD9,99 atau sekitar Rp141 ribu.

4. Photos

Foto: iOS Gadget Hacks

Pada iOS 14.3, Apple memperbarui Photos dengan perekaman video 25 fps. Di samping itu, ada juga mirror kamera depan untuk sejumlah seri iPhone, yaitu iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.

5. AirPods Max

Foto: The Verge

AirPods Max juga termasuk dalam daftar yang menerima fitur baru di iOS 14.3. Pembaruan yang disediakan adalah pengguna dapat melakukan pengaturan ANC, EQ, Tansparency dan Spatial Audio.

Baca Juga: Apple Luncurkan AirPods yang Lebih Mahal dari PS5

6. Safari

Foto: Apple Developers

Safari adalah browser buatan Apple yang berfungsi sebagai mesin pencari. Pada iOS 14.3, pembaruan yang diterima Safari adalah tersedianya opsi mesin pencarian Ecosia.

7. Health

Foto: Wareable

Pada iOS 14.3, Health diperbarui dengan sejumlah kemampuan untuk melacak kehamilan, menyusui, dan penggunaan kontrasepsi dalam Cycle Tracking. Cycle Tracking sendiri ditujukan untuk memprediksi masa menstruasi dan masa subur dengan lebih baik.

Untuk sekarang, iOS 14.3 hanya bisa digunakan oleh developer. Tapi jangan khawatir,  karena dalam beberapa hari Apple akan merilis update ini ke seluruh pengguna di seluruh dunia.

(rh)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler