Unik! NASA Temukan Galaksi Baru yang Mirip dengan TIE Fighter di Film Star Wars

Rima Fidayani Rizki . September 01, 2020

Foto: The Sun

Teknologi.id - Alam semesta dan seisinya menyimpan sejuta misteri yang seringkali mampu membuat manusia terpana akan keunikan dan keindahannya. Salah satunya seperti galaksi baru hasil temuan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) ini.

NASA menemukan sebuah galaksi dengan bentuk yang menyerupai pesawat dalam film Star Wars, TIE Fighter. Berdasarkan temuan yang dimuat dalam Astrophysical Journal, galaksi aktif ini jaraknya sekitar 500 tahun cahaya dari konstelasi Cassiopeia.

Baca Juga: Cara Daftar Netflix di HP Tanpa Kartu Kredit, Gampang Banget!

Galaksi yang bernama TXS 0128+554 ini sebenarnya telah ditemukan sejak tahun 2015 melalui teleskop sinar gamma. Namun, saat dilakukan pengamatan lebih dalam, baru terungkap bahwa bentuk gelombang radio dari galaksi yang ditangkap teleskop memiliki bentuk menyerupai pesawat TIE Fighter.

"Kami memperbesar satu juta kali lebih dekat di galaksi menggunakan antena radio VLBA dan memetakan bentuknya dari waktu ke waktu," tutur ahli astrofisika Universitas Purdue, Matthew Lister.

Lister menambahkan saat hasil pencitraan tersebut keluar, bentuk galaksi pada citra tersebut langsung mengingatkannya pada TIE Fighter yang digunakan Darth Vader dalam film Star Wars.