Corona Belum Berakhir, Hadirlah Norovirus

Super Intern . October 22, 2020
Norovirus Sudah Masuk Indonesia, Ini Menurut Ahli Penyakit Dalam - Fix  Indonesia
Foto:Tirto.Id


Teknologi.id - Virus Corona belum berakhir, namun kini dilaporkan sudah muncul kasus virus lain yang bernama Norovirus. Dilansir dari CDC China, asal mula Norovirus ini awalnya berasal dari adanya keluhan beberapa mahasiswa di salah satu kota negara China.

Norovirus disebutkan sebagai virus yang sangat menular, di mana membuat salah satu universitas di China dipenuhi oleh pasien, hingga salah satu asrama laki-lakinya harus ditutup, dan tenaga medis pun harus bekerja ekstra untuk merawat pasien-pasien yang mengalami gejala Norovirus.

Sampai sekarang belum diketahui berapa lama sistem imun bisa melawan Norovirus. Dirangkum dari WebMD, Norovirus adalah penyebab paling umum dari gastroenteritis (Penyakit diare dan muntah-muntah)

Menurut CDC, Norovirus ini bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup yang sehat,dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Di Indonesia pun saat ini sudah ada kasus Norovirus. Bukti virus ini sudah ada di Indonesia adalah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Juniastuti dkk dari Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga. Dr. Juniati dkk melaporkan dalam Jurnal of Medical Virology bulan Mei 2020

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa dari 91 sampel yang diperiksa terdapat 14 sampel atau 15,4 persen yang mengandung Norovirus. 

Baca Juga : Cara Mudah untuk Sekolah Dapat Go Digital di Saat Pendemi

Mewabah di China, Nyatanya Juga Ditemukan di Indonesia, Apa Itu Norovirus?  | Jatim TIMES

Sementara itu, ada beberapa penyebab Norovirus yang harus diketahui agar kita juga dapat menjaga daya tubuh kita dengan baik, antara lain: 

  1. Kontak langsung dengan orang yang terinfeksi NoroVirus
  2. Mengkonsumsi makanan/minuman yang sudah terkontaminasi oleh NoroVirus
  3. Menggunakan peralatan yang sama dengan orang yang terkontaminasi dengan NoroVirus

Untuk mengurangi penularan Norovirus, kita harus menjaga daya tubuh kita agar tetap sehat  dan memperhatikan pola hidup yang baik, ada beberapa Gejala Norovirus yang terjadi pada manusia, antara lain:

  1. Diare
  2. Muntah-muntah
  3. Mual
  4. Sakit Perut
  5. Demam
  6. Sakit Kepala

Tubuh orang yang mengalami Norovirus akan merasakan lemas dan muntah-muntah, dalam beberapa kali sehari. Norovirus akan menyebabkan radang atau infeksi pada usus. Gejala ini akan muncul 12-48 hari setelah terpapar.

Penerapan pola hidup yang bersih dan sehat merupakan upaya pencegahan efektif untuk menangkal Norovirus. Berikut ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk menangkal Norovirus, antara lain:

  1. Selalu cuci tangan setelah beraktifitas, cuci tangan anda  dengan sabun dan dengan air mengalir selama 20 detik
  2. Bersihkan seluruh makanan dan minuman sebelum dikonsumsi dengan air bersih
  3. Pastikan anda mempunyai peralatan makanan dan minuman sendiri, agar tidak menggunakan peralatan orang lain.
  4. Setelah selesai beraktifitas, pastikan baju, peralatan makan anda segera dibersihkan, dicuci dengan sabun dan air mengalir

Baca Juga: Diberi Nama Twifia, Bayi Ini Dapat Internet Gratis 18 Tahun

Norovirus masih sangat beresiko untuk menyerang siapapun, Karena itu, yang terdampak Norovirus disarankan untuk meminimalisir kontak dengan lingkungan sekitar, dan lebih fokus untuk memulihkan diri dan belajar untuk menerapkan pola hidup sehat.

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler