Benarkah Telkom Akan Buka Blokir Netflix Minggu Ini?

Alda Yuriska . July 01, 2020


Foto: Uzone

Teknologi.id - Setelah sekian lama Telkom Group memblokir Netflix, kini Telkom dilaporkan akan membuka blokir mereka terhadap platform penyedia layanan media streaming digital tersebut dalam minggu ini. Hal ini terpantau dari laman Kumparan yang mendapatkan infomasi dari seorang narasumber tepercayanya.

Dilansir dari Kumparan (01/07/2020) narasumber tersebut mengatakan bahwa masa blokir Telkom kepada Netflix akan resmi berakhir pada minggu ini, pekan pertama Juli 2020 yang keputusannya telah ditetapkan pada rapat direksi Telkom.

Keputusan ini pun artinya akan mengakhiri pemblokiran Telkom kepada Netflix yang telah dilakukannya sejak Januari 2016. Ini berarti, seluruh pengguna layanan internet Telkom Group, mulai dari IndiHome hingga Telkomsel segera mungkin akan bisa mengakses dan streaming Netflix tanpa VPN (virtual private network).

Baca Juga: Akhirnya Netflix Bisa Streaming 4K HDR di Mac

"Kita tunggu saja ya. Nanti saatnya akan disampaikan," kata Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo.

Sebelumnya, Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro sempat menjelaskan alasan dibalik pemblokiran Telkom terhadap Netflix. Menurutnya, ini disebabkan oleh persoalan etis yang pada saat itu ada beberapa hal terkait kebijakan konten yang tidak disepakati oleh Netflix.

Namun saat ini, Netflix disebut-sebut telah melakukan banyak perubahan yang positif terhadap pasar Indonesia yang membuat pihak Telkom mempertimbangkan untuk lebih serius melakukan pembicaraan dengan Netflix.

Baca Juga: Institut Teknologi Massachusetts Ciptakan Robot Bersenjata Sinar UV untuk Bunuh Virus Corona

"Sekarang kita melihat Netflix sudah berubah, sudah banyak sekali berubah, parental control-nya lebih baik. Kemudian, Netflix sudah mau bekerja sama dengan produsen-produsen konten lokal. Kemudian, ada take down policy yang jauh lebih baik dibandingkan dulu," kata Setyanto dalam sebuah webinar yang diselenggarakan Tempo pada 11 Juni 2020.

"Intinya, sekarang kita sedang dalam proses secara serius untuk berbicara dengan Netflix dan menuju ke arah sana, memperbolehkan pelanggan kami mengakses Netflix dari jaringan Telkom Group." lanjutnya. 

(ay)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya