Institut Teknologi Massachusetts Ciptakan Robot Bersenjata Sinar UV untuk Bunuh Virus Corona

Alda Yuriska . July 01, 2020

Foto: whdh.com

Teknologi.id - Inovasi baru guna melawan virus corona saat ini sepertinya menjadi hobi baru bagi para ilmuwan sebut saja yang baru-baru ini terpantau adalah para ilmuwan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang dikabarkan menciptakan sebuah robot yang dirancang dengan sinar ultraviolet (UV) untuk membantu melawan penyebaran virus Corona.

Inovasi robot yang diciptakan ini diketahui merupakan hasil kolaborasi antara Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory (CSAIL) MIT dengan Ava Robotics. Nantinya, robot ini akan memancarkan sinar UV yang dapat membunuh mikroorganisme dan menghancurkan DNA mereka.

Seperti yang dilansir dari Tech Spot (01/07/2020), di robot ini terdapat empat benda serupa pipa vertikal yang akan mengeluarkan sinar UV dan dapat menetralkan sekitar 90% partikel virus Corona di permukaan dengan kecepatan yang dikatakan mampu untuk mendisinfeksi tempat seluas 37 meter persegi dalam 30 menit.

Baca Juga: Google Akuisisi Perusahaan Kacamata AR

Sinar UV yang dipancarkan robot ini bukanlah untuk manusia, namun nantinya sinar UV ini akan digunakan untuk disinfeksi tempat kerja yang kosong setelah para stafnya selesai bekerja karena mengingat pancaran sinar UV yang berlebihan punya risiko yang berbahaya bagi manusia. 

Saat ini, prototipe ini sudah mulai dikerahkan di gudang makanan Great Boston Food Bank (GBFB) lataran seperti diketahui gudang makanan saat ini adalah salah satu tempat penting di tengah krisis pandemi virus Corona.

"Gudang makanan menyediakan layanan penting bagi masyarakat, sehingga sangat penting untuk membantu menjaga operasionalnya tetap berjalan. Di sini, ada peluang untuk memberikan daya disinfektan tambahan pada alur kerja staf saat ini, dan membantu mengurangi risiko paparan Covid-19," kata Alyssa Pierson, ilmuwan riset di CSAIL.

Baca Juga: Bill Gates: Amerika Tidak Melakukan Banyak Hal untuk Memerangi Covid-19

Sebelumnya, robot ini hanya dioperasikan secara jarak jauh saat pertama kali dibuat. Namun kemudian, fungsinya dikembangkan sehingga robot tersebut bisa beroperasi secara mandiri menjelajahi setiap sudut gudang untuk melakukan disinfeksi. Bahkan ke depannya, para ilmuwan berharap robot yang mereka kembangkan ini dapat digunakan di lingkungan yang lebih luas, termasuk pabrik, restoran, mall, hingga tempat-tempat lainnya.

"Kami sangat senang melihat robot disinfektan sinar UV mendukung masyarakat pada saat dibutuhkan. Tinjauan dari prototipe ini menyoroti beberapa tantangan algoritmik. Kami akan mengatasinya sehingga robot ini bisa memperluas ruang lingkup disinfeksinya termasuk asrama, sekolah, pesawat terbang, dan toko bahan makanan," kata Director and Project Lead CSAIL Daniela Rus.

(ay)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya