Google Chrome Bakal Stop Dukung Windows 7 di 2022

Rima Fidayani Rizki . December 03, 2020

Foto: ZDNet

Teknologi.id - Pengguna PC dengan sistem operasi Windows 7 tampaknya harus bersiap dan mempertimbangkan untuk meng-upgrade sistem operasinya. Pasalnya, browser Google Chrome dikabarkan akan berhenti beroperasi pada jutaan PC di seluruh dunia yang menggunakan sistem operasi Windows 7.

Baca Juga: 7 Kegunaan Google My Business yang Wajib Dimanfaatkan UMKM

Browser ciptaan perusahaan teknologi yang didirikan Sergey Brin dan Larry Page itu bakal mengakhiri dukungan untuk sistem operasi Windows 7 pada Januari 2022. Oleh karena itu, para pengguna Windows 7 harus meng-upgrade sistem operasinya ke Windows 10 supaya bisa tetap menggunakan Google Chrome.

Sebenarnya, batas waktu dukungan Chrome ini sudah diperpanjang enam bulan akibat pandemi COVID-19. Rencana tersebut awalnya akan dilakukan pada 15 Juli 2021, tetapi ditunda hingga 15 Januari 2022.

"Setelah menilai situasi saat ini, dan berdasarkan umpan balik dari pelanggan perusahaan kami yang berharga, Chrome memperluas dukungan kami untuk Windows 7 hingga setidaknya 15 Januari 2022," kata Direktur Teknik Chrome, Max Christoff, sebagaimana dilansir dari Metro, Kamis, (3/12).

"Itu sudah diperpanjang 6 bulan dari tanggal yang kami komunikasikan sebelumnya, yakni 15 Juli 2021. Kami akan terus mengevaluasi kondisi yang dihadapi pelanggan perusahaan kami, dan mengomunikasikan setiap perubahan tambahan di masa mendatang," lanjutnya.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar FULL STACK DEVELOPER, FRONT END REACT, FLUTTER MOBILE DEVELOPMENT, BACK END PYTHON, dan DATA SCIENCE bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Penghapusan dukungan Chrome untuk Windows 7 tersebut dilatarbelakangi oleh Microsoft yang tidak lagi mendukung Windows 7. Hal tersebut mengindikasikan bahwa dukungan yang dicabut untuk sistem operasi lawas membuatnya rentan terhadap ancaman keamanan sehingga membahayakan pengguna yang masing memakai sistem operasi lama. 

Baca Juga: Google Luncurkan Layanan Manajemen untuk Bisnis Kecil

Ternyata, menurut data NetMarketShare, sebanyak 20,93% akses web dilakukan melalui komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 7. Ini berarti jutaan komputer di seluruh dunia masih menggunakan sistem operasi Windows 7. 

(rf)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler