Google Luncurkan Layanan Manajemen untuk Bisnis Kecil

Super Intern . December 02, 2020

Foto: TechCrunch

Teknologi.id - Hari ini (2/12/2020) Google memperkenalkan solusi manajemen dan keamanan seluler baru, Android Enterprise Essentials. Terlepas dari namanya, sebenarnya ditujukan untuk bisnis kecil hingga menengah.

Perusahaan menjelaskan bahwa solusi ini memanfaatkan pengalaman Google dalam membangun manajemen perangkat Android Enterprise dan alat keamanan untuk organisasi yang lebih besar guna menghasilkan solusi yang lebih sederhana untuk bisnis dengan anggaran lebih kecil.

Layanan baru ini mencakup dasar-dasar dalam pengelolaan perangkat seluler, dengan fitur yang memungkinkan bisnis kecil mengharuskan karyawan mereka menggunakan layar kunci dan enkripsi untuk melindungi data perusahaan.

Baca juga: Cara Mengaktifkan PDF Viewer pada Google Chrome

Ini juga mencegah pengguna menginstal aplikasi di luar Google Play Store melalui layanan Google Play Protect, serta memungkinkan bisnis untuk menghapus semua data perusahaan dari jarak jauh, yang berasal dari ponsel yang hilang atau dicuri.

Seperti yang dijelaskan Google, perusahaan kecil sering kali menangani data pelanggan di perangkat seluler, tetapi banyak dari solusi pengelolaan perangkat jarak jauh saat ini terlalu rumit untuk pemilik bisnis kecil, dan seringkali rumit untuk dijalankan.

Android Enterprise Essentials mencoba membuat keseluruhan proses penyiapan lebih mudah dengan menghilangkan kebutuhan untuk mengaktifkan setiap perangkat secara manual. Karena kebijakan keamanan diterapkan dari jarak jauh, tidak ada yang perlu dikonfigurasi sendiri oleh karyawan di ponsel mereka.

Sebaliknya, bisnis yang ingin menggunakan solusi baru hanya akan membeli perangkat Android dari pengecer untuk dibagikan atau dikirimkan kepada karyawan dengan kebijakan yang sudah ada.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX Designer, Product Research, Esport Business Class, Digital Marketing, dan Sales & Marketing Professional bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Meskipun tujuan utama pembuatan layanan ini untuk perusahaan kecil, Google mencatat bahwa solusinya dapat berfungsi untuk organisasi besar tertentu yang ingin memperluas beberapa perlindungan dasar ke perangkat yang tidak memerlukan solusi manajemen yang lebih canggih.

Baca juga: Google Play Store Urutkan Aplikasi Terbaik di 2020

Layanan baru ini juga dapat membantu perusahaan untuk memulai mengamankan inventaris perangkat seluler mereka sebelum beralih ke solusi yang lebih canggih dari waktu ke waktu, termasuk dari vendor pihak ketiga.

Perusahaan telah bekerja untuk menempatkan perangkat Android yang lebih baik untuk digunakan di tempat kerja selama beberapa tahun terakhir, dengan program seperti Android for Work, Android Enterprise Recommended, kemitraan yang berfokus pada pembersihan malware di Play Store, perlindungan perangkat tingkat lanjut untuk pengguna berisiko tinggi, solusi manajemen titik akhir, dan masih banyak lagi.

Google mengatakan bahwa mereka akan meluncurkan Android Enterprise Essentials pada awalnya dengan distributor Synnex di AS dan Tech Data di Inggris. Di masa mendatang, itu akan membuat layanan tersedia melalui pengecer tambahan karena mengambil solusi global pada awal 2021.

Google juga akan menjadi tuan rumah sebuah acara peluncuran online dan demo di bulan Januari untuk pelanggan yang tertarik.

(bal)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler