Sistem AI ini Bisa Buat Coding, Programmer Terancam Tergantikan?

Fabian Pratama Kusumah . February 09, 2022

Foto: Slate

Teknologi.idDeepMind telah menciptakan sistem AI bernama AlphaCode yang dikatakan mampu "menulis program komputer pada tingkat yang kompetitif."

Software tersebut diklaim dapat mengkode (coding) sebaik programmer manusia. Perusahaan yang bermarkas di London itu menguji kemampuan AlphaCode dalam kompetisi pengkodean di Codeforces.

Sepuluh dari tantangan ini dimasukkan ke dalam AlphaCode dalam format yang sama persis dengan yang diberikan kepada manusia.

AlphaCode kemudian menghasilkan lebih banyak kemungkinan jawaban dan menyaringnya dengan menjalankan kode dan memeriksa hasilnya seperti yang dilakukan oleh manusia.

“Seluruh prosesnya otomatis, tanpa pemilihan sampel terbaik oleh manusia,” Yujia Li dan David Choi, co-lead dari makalah AlphaCode, dikutip dari The Verge.

“Saya dapat dengan aman mengatakan bahwa hasil AlphaCode melebihi harapan saya,” kata pendiri Codeforces Mike Mirzayanov.

DeepMind mencatat bahwa keahlian AlphaCode saat ini hanya berlaku dalam domain pemrograman kompetitif tetapi kemampuannya membuka pintu untuk menciptakan alat masa depan.

Baca juga:Ini Dia, 10 Situs Belajar Coding Gratis yang Wajib Kamu Coba

Yang membuat pemrograman lebih mudah diakses dan suatu hari nanti sepenuhnya otomatis.

Ilmuwan mengatakan mereka percaya alat pengkodean AI seperti AlphaCode kemungkinan akan mengubah sifat peran rekayasa perangkat lunak.

Namun, kompleksitas peran manusia membuat mesin tidak akan dapat melakukan pekerjaan secara keseluruhan untuk beberapa waktu.

"Ini bukan one-stop shopping yang akan menggantikan programmer manusia yang sebenarnya. Kami berpuluh-puluh tahun jauhnya dari itu,” kata Gary Marcus, seorang profesor AI di Universitas New York, dikutip dari CNBC Indonesia.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar