Elon Musk akan Sumbang Dana ke Rumah Sakit di Israel dan Palang Merah di Gaza

Silviya Zukhruf Aini . November 22, 2023

elon

Foto: DailyMail

Teknologi.id - Pada Selasa (21/11/2023) waktu setempat, Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX, dalam akun X pribadinya mengumumkan akan mendonasikan seluruh pendapatan platform X dari iklan dan layanan berlangganan ke rumah sakit di Israel dan Palang Merah/Bulan Sabit Merah di Gaza.

Sumbangan tersebut dilakukan setelah Elon Musk dituduh mempromosikan anti-Semitisme, yang kemudian mendapatkan reaksi dari berbagai pihak. Dilansir dari laman DailyMail, dalam kicauannya di platform X, Musk membandingkan Israel dengan Nazi, yang lantas memicu kecaman dari dari berbagai pihak, seperti komunitas Yahudi dan berbagai organisasi anti-diskriminasi. 

Musk menjelaskan dalam sebuah pernyataan, bahwa ia menyesali atas tweet tersebut dan mengatakan bahwa tulisan tersebut tidak mencerminkan perasaan yang sebenarnya.

Terkait dengan sumbangan yang diberikan, Musk mengatakan bahwa dirinya ingin menunjukkan dukungannya kepada semua orang, terlepas dari latar belakang mereka. 

Dikabarkan pula bahwa Musk menyumbang bernilai ratusan juta dollar. Ia berharap sumbangannya dapat membantu orang-orang yang membutuhkan di Israel dan Gaza.

Baca juga: Akibat Serangan Israel, 9 Situs Arkeologi di Gaza Terancam Hancur 

Keputusannya untuk memberikan donasi itu pun lantas menimbulkan berbagai reaksi dari berbagai pihak. Nitzan Horowitz, Menteri Kesehatan Israel, menyambut baik keputusan Musk yang memberikan donasi dari hasil pendapatan iklan X untuk rumah sakit Israel dan Palang Merah di Gaza. Nitzan Horowitz menambahkan bahwa Musk memahami pentingnya solidaritas dan kerja sama untuk mengatasi tantangan kemanusiaan.

Direktur Jenderal Palang Merah Internasional, Martin Griffiths juga menyambut baik sumbangan yang diberikan oleh Elon Musk. Menurutnya, sumbangan tersebut dapat membantunya memberikan bantuan kemanusiaan kepada orang-orang yang membutuhkan di Gaza.

Selain mendapatkan respon baik, kabar Musk yang akan memberikan donasi dari hasil pendapatan iklan platform X dan layanan berlangganan pun mendapatkan respon skeptis, yang salah satunya disampaikan oleh aktivis anti-diskriminasi Jonathan Greenblatt. Ia mengatakan tidak sepenuhnya percaya bahwa Musk benar-benar menyesali apa yang ditulisnya dalam platform X dan sumbangan yang diberikan oleh Musk pun hanya sebagai cara untuk menghindari kritik.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(sza)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar