Survei BPS: Hanya 7,64% Usaha E-Commerce yang Mendapat Pelatihan Digital Marketing

Adnan Algifari . May 16, 2023


Foto: Pixabay/StartupStockPhotos

Teknologi.id - Di era serba digital sekarang ini, di mana banyak e-commerce bermunculan menjadi bukti bahwa teknologi banyak membantu pekerjaan manusia dari berbagai sektor, mulai dari perdagangan, fashion, jurnalistik dan lain sebagainya.


Bahkan, banyak bermunculan juga pekerjaan baru seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, anak-anak sekarang punya banyak pilihan untuk cita-citanya dari menjadi Youtuber, TikToker, podcaster, content creator dan lain sebagainya.


Dan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini juga bisa menjadi salah satu media promosi yang banyak digandrungi ketika tv, radio atau media konvensional lainnya sudah tak banyak diminati anak muda sekarang.


Maka, mau tak mau pemilik atau penanggung jawab usaha bisnis e-commerce haruslah melek teknologi agar tidak ketinggalan zaman dan dapat menyesuaikan pengembangan bisnisnya untuk semakin maju.


Dalam Publikasi Survei eCommerce 2022 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan terdapat 7,64% usaha yang pernah mendapat pelatihan terkait pemanfaatan teknologi informasi untuk pemasaran secara digital dan sisanya, sebanyak 92,36% tidak mendapat pelatihan.


Dan dari angka 7,64% bisnis e-commerce yang pernah mendapat pelatihan terkait pemanfaatan teknologi informasi untuk pemasaran secara digital dilihat dari instansi yang mengadakan pelatihannya, ada dari pihak swasta sebesar 64,90% dan sisanya dari pemerintah sebesar 39,91%.


Baca juga: Survei BPS: Baru 22,06 Persen Bisnis Online yang Memiliki Laporan Keuangan


Dan ditinjau dari level pelatihannya, sebagian besar usaha e-commerce terbagi-bagi menjadi beberapa bagian, rinciannya sebagai berikut:


  • 77,45% mengikuti pelatihan terkait pemanfaatan teknologi informasi pada level dasar.

  • 35,97% mengikuti pelatihan terkait pemanfaatan teknologi informasi pada level terampil.

  • 11,05% mengikuti pelatihan terkait pemanfaatan teknologi informasi pada level ahli.


Berdasarkan data-data yang disajikan di atas, perlu ada dari pihak pemerintah untuk memberikan pelatihan kelas digital marketing atau pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara gratis bagi pelaku bisnis e-commerce untuk mendapatkan peningkatan skill yang mumpuni.


Dan memang program pemerintah selalu saja pendistribusiannya tidak merata dan serempak, maka Teknologi.id telah merangkum kelas-kelas online gratis yang bisa diikuti untuk pemanfaatan teknologi informasi atau digital marketing agar bisnis online kamu semakin berkembang.


  1. Digitademy


Foto: Digitademy

Digitademy adalah platform pelatihan digital yang menyediakan berbagai kursus digital marketing. Mereka menawarkan kelas gratis dan berbayar dengan topik yang beragam seperti SEO, SEM, social media marketing, content marketing, dan banyak lagi. Dalam kelas gratis mereka, kamu akan belajar tentang dasar-dasar digital marketing dan strategi pemasaran untuk membangun bisnis online.


Setiap kursus disajikan dalam bentuk video dan dilengkapi dengan materi bacaan dan quiz untuk memastikan pemahamanmu.


Baca juga: Mayoritas Pemilik Usaha Online Diisi Generasi Milenial! Ini 5 Cara Ajukan Izin Usaha 


  1. Hubspot Academy

Foto: HubSpot 

Hubspot Academy adalah platform pelatihan digital yang menyediakan kursus gratis dan berbayar di berbagai topik, seperti digital marketing, inbound marketing, sales, dan lainnya. Kelas digital marketing mereka mencakup topik seperti SEO, blogging, email marketing, dan social media. Setelah menyelesaikan kursus mereka, kamu akan mendapatkan sertifikat resmi dari Hubspot.


  1. Facebook Blueprint

Foto: Twitter/@coduit_digital

Facebook Blueprint adalah platform pelatihan digital yang disediakan oleh Facebook untuk mengajarkan keterampilan pengiklanan digital di Facebook dan Instagram. Mereka menyediakan kursus gratis dan berbayar di berbagai topik seperti pengiklanan, analisis, dan keterampilan manajemen akun. Kelas mereka cocok untuk pelaku bisnis, marketer, dan pengiklan yang ingin memaksimalkan pengalaman beriklan di platform Facebook.


  1. Google Digital Garage

Foto: latamdigitalmarketing.com

Google Digital Garage adalah platform pelatihan digital yang disediakan oleh Google untuk memperkenalkan dasar-dasar digital marketing. Mereka menawarkan kursus gratis dalam berbagai topik seperti SEO, SEM, social media, dan banyak lagi. Selain itu, setelah menyelesaikan kursus mereka, kamu juga akan mendapatkan sertifikat resmi dari Google.


  1. Google Analytics Academy

Foto: Google Analytics 

Google Analytics Academy adalah platform pelatihan digital yang disediakan oleh Google untuk mengajarkan tentang Google Analytics. Dalam kursus gratis mereka, kamu akan belajar tentang dasar-dasar Google Analytics, penggunaan alat pengukuran, dan pemahaman data. Kursus ini sangat cocok bagi kamu sebagai pemilik bisnis dan pemasar digital yang ingin meningkatkan keterampilan analitis.


Baca juga: Survei BPS: 41,5 Persen Jual Makanan dan Minuman di E-commerce! Ini 6 Langkahnya 


Itulah 5 kelas online gratis yang bisa kamu ikuti. Setiap platform memiliki keunggulan dan penawaran yang berbeda, maka pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah belajar sekarang juga!


Berita dan artikel yang lain di Google News

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar