Smart DNS vs VPN, Apa Bedanya? Mana yang Lebih Aman?

Teknologi.id . June 03, 2020

Foto: Forbes


Teknologi.id - Kebijakan pemerintah yang gencar melakukan pemblokiran pada suatu situs atau layanan digital yang dianggap melanggar ketentuan, membuat Smart DNS dan VPN makin populer belakangan ini.

Keduanya biasa digunakan untuk menyelinap masuk mengakses berbagai situs ataupun layanan digital yang dibatasi oleh pemerintah.

Lantas, sebenarnya apa itu Smart DNS dan VPN? Apa perbedaan Smart DNS dan VPN? Mana yang lebih aman digunakan untuk berselancar di internet?

Baca juga: Tips Memilih HP Gaming Terbaik, RAM Besar Aja Nggak Cukup!

Apa Itu Smart DNS?

DNS (Domain Name System) merupakan sebuah sistem yang menghubungkan Uniform Resource Locator (URL) atau nama domain internet dengan Internet Protocol Address (IP Address).

Sedangkan, Smart DNS sendiri merupakan suatu 'trik' yang berfungsi untuk menyembunyikan alamat IP asli pengguna untuk mengelabui suatu situs.


Cara kerja Smart DNS. Foto: dgHacks


Server DNS terletak dekat dengan penyedia layanan internet atau sering disebut sebagai ISP (Internet Service Provider). ISP inilah yang memetakan nama domain ketika pengguna berselancar di internet.

Misalnya, pengguna ingin menikmati konten streaming Netflix versi Amerika Serikat, namun terhalang karena diblokir oleh ISP, maka kamu bisa menggunakan Smart DNS untuk membuka blokirnya.

Baca juga: Cara Memperkuat Sinyal WiFi Tanpa Aplikasi Tambahan

Apa itu VPN?

VPN atau Virtual Private Network adalah layanan yang digunakan untuk melindungi aktivitas dan identitas pengguna ketika sedang berselancar di internet.

Identitas dan aktivitas pengguna akan disembunyikan dengan memanfaatkan terowongan VPN dari server yang berlokasi di suatu tempat, sehingga nantinya identitas pengguna terlihat sebagai anonim dengan berbagai protokol dan enkripsi keamanan, tergantung yang diberikan oleh penyedia layanan VPN.


Cara kerja VPN. Foto: EMSISOFT


Layanan VPN akan mengarahkan ulang semua lalu lintas web melalui terowongan VPN yang terenkripsi. Kebanyakan tingkat enkripsi yang dimiliki oleh aplikasi VPN tidak bisa dibongkar oleh pihak lain, termasuk ISP sekalipun.

Dengan cara kerjanya tersebut, VPN bisa membuka semua situs yang diblokir sekalipun, termasuk kamu yang ingin mengakses Netflix tapi menggunakan jaringan Indihome ataupun Telkomsel.

Baca juga: 7 Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tahan Lebih Lama

Perbedaan Smart DNS dan VPN

Smart DNS tidak menyediakan koneksi terenkripsi dan tidak mengubah alamat IP kita, ia hanya akan mengubah DNS perangkat yang menyediakan akses ke konten yang diblokir.

Karena tidak melakukan enkripsi data dan hanya merutekan ulang bagian tertentu dari lalu lintas sebuah situs, koneksinya menjadi lebih cepat dibandingkan VPN, namun keamanan dan privasi pengguna pun menjadi lebih rentan.

Sebaliknya, VPN yang menyediakan enkripsi data untuk melindungi keamanan data dan privasi pengguna, tentunya mempunyai koneksi yang lebih lambat karena harus melalui proses enkripsi terlebih dahulu. Meski begitu, keamanan data dan privasi pengguna bakal lebih terjamin bila memakai VPN bila dibandingkan dengan Smart DNS.

Beberapa aplikasi saat ini sudah ada yang menggabungkan fungsi VPN dan Smart DNS untuk pengalaman browsing yang lebih baik, diantaranya: ExpressVPN, NordVPN, Windscribe, Torguard, dan IPVanish.

(dwk)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler