7 Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tahan Lebih Lama

Teknologi.id . May 31, 2020

Foto: Android Authority

Teknologi.id - Kecanggihan dan keberagaman fungsi sebuah smartphone (HP) Android tentunya akan sejalan dengan konsumsi daya baterai yang semakin besar pula.

Bentuk HP Android yang lebih tipis, layar yang lebih cerah, prosesor yang lebih cepat, aplikasi yang berjalan terlalu banyak, serta koneksi internet yang lebih cepat adalah beberapa faktor signifikan yang membuat baterai lebih cepat habis.

Nah, bagi kalian yang sering mengalami hal serupa sampai-sampai harus mengisi ulang baterai HP hampir tiap jam sekali, berikut ini 7 cara menghemat baterai HP Android agar tahan lebih lama.

Baca juga: 7 Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Tahan Lebih Lama

7 Cara Menghemat Baterai HP Android

1. Redupkan Layar

Kecerahan layar berpengaruh signifikan terhadap konsumsi baterai, jadi aturlah tingkat kecerahan layar menjadi seminimal mungkin. 

Hal ini karena semakin terang cahaya layar yang digunakan maka akan semakin besar pula energi yang digunakan untuk menyalakan layar tersebut.

Selain itu, matikan juga fitur kecerahan otomatis (Auto Brightness). Fitur ini memang bisa menyesuaikan kecerahan berdasarkan kebutuhan, tetapi juga dapat meningkatkan kecerahan layarmu lebih tinggi dari yang seharusnya.

2. Matikan Lokasi GPS

Matikanlah fungsi GPS sepenuhnya bila tidak sedang digunakan, pasalnya fitur tersebut cukup banyak menyedot daya baterai, apalagi bila menggabungkannya dengan beberapa modul lain termasuk Wi-Fi dan Bluetooth untuk mendeteksi lokasi.

Kamu bisa langsung menonaktifkan fitur lokasi dari menu notifikasi yang biasanya digulirkan ke bawah. Atau kamu juga bisa buka Pengaturan> Keamanan & lokasi> geser tombol Lokasi untuk menonaktifkan opsi ini.

3. Nyalakan Power Saving Mode

Bagi pemilik HP Android yang sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop, kamu bisa menghemat daya tahan baterai Android dengan mengaktifkan fitur Power Saving Mode.

Pada mode ini semua fungsi smartphone yang mengonsumsi baterai kamu akan dibatasi, dari mulai kecerahan layar, koneksi mobile, WiFi, hingga lokasi.

Cara masuk Power Saving Mode adalah dengan masuk Pengaturan > Baterai > Penghemat Baterai pada pengaturan HP Android-mu.

4. Batasi Aplikasi yang Berjalan

Sebagian besar aplikasi yang kamu gunakan akan tetap aktif bahkan setelah tidak digunakan lagi. Di situlah baterai HP Android terkuras.

Android memiliki fitur untuk membatasi dan menutup secara keseluruhan aplikasi terbuka di latar belakang. Beberapa HP Android bisa dengan cukup menekan tombol home atau tombol lain selama beberapa detik untuk menutup aplikasi di belakang layar.

Selain itu bisa juga melalui Pengaturan> Aplikasi & Pemberitahuan, pilih aplikasi yang akan ditutup, ketuk Lanjutan> Baterai> Pembatasan latar belakang.

5. Gunakan Charger Original

Penggunaan charger original setiap kali mengisi ulang baterai HP Android sangat berpengaruh besar pada umur baterainya.

Selain itu, hindari juga menggunakan charger abal-abal. Beberapa charger abal-abal sering menawarkan iming-iming pengisian baterai yang lebih cepat, tapi kenyataannya baterai pun juga lebih cepat habis dan tak jarang malah menyebabkan kerusakan pada baterai.

6. Matikan Wi-Fi dan Data Seluler

Matikan Wi-Fi dan data seluler jika kamu tidak membutuhkannya. Data seluler akan selalu menyedot baterai karena harus terus memperbarui status aplikasi seperti aplikasi chat, email, dan media sosial.

Selain itu, Wi-Fi pun juga hampir sama. Sejak pembaruan Oreo, Android hadir dengan fitur yang terus mencari jaringan Wi-Fi terbuka bahkan ketika kamu telah menonaktifkan Wi-Fi, hal ini cukup menguras baterai.

Untuk mematikannya, buka Pengaturan> Jaringan & internet> Wi-Fi > hapus centang Nyalakan Wi-Fi secara otomatis.

7. Gunakan Mode Pesawat

Langkah terakhir yang cukup efektif adalah dengan menyalakan mode pesawat (Airplane Mode).

Fitur ini bertujuan untuk meminimalisir penggunaan daya baterai HP Android dengan mematikan seluruh layanan seluler, sehingga akan lebih irit dan awet hingga berjam jam.

Caranya cukup gulirkan layar notifikasi lalu klik pada ikon pesawat. Selain itu bisa juga melalui Pengaturan> Jaringan Nirkabel> Mode Pesawat.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler