7 Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Tahan Lebih Lama

Teknologi.id . May 29, 2020

Foto: iDapt


Teknologi.id - iPhone selama ini dikenal dengan spesifikasinya yang mumpuni, fitur nan canggih, inovasi terbaru, serta desain yang menarik. Namun, satu ciri khas yang juga melekat pada produk smartphone dari Apple tersebut adalah baterainya yang boros.

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bila iPhone memang boros dalam mengonsumsi daya baterai dibanding dengan pesaingnya Android, bahkan sebagian besar iPhone harus diisi ulang setiap beberapa jam sekali. 

Nah, bagi kalian yang menggunakan smartphone iPhone dan mempunyai masalah serupa, berikut ini ada 7 cara menghemat baterai iPhone agar tahan lebih lama dirangkum dari TechRadar.com.

Baca juga: Apple Beri Panduan Cara Bersihkan iPhone dengan Aman

7 Cara Menghemat Baterai iPhone

1. Nyalakan Low Power Mode

Cara termudah untuk menghemat baterai iPhone adalah dengan menyalakan low power mode alias mode daya rendah, yang diperkenalkan sejak iOS 9.

Ketika daya baterai sudah turun mencapai 20 persen, akan muncul tampilan untuk mengaktifkan mode ini, namun kalian juga bisa mengaktifkannya secara manual. Caranya dengan masuk ke menu Settings, pilih Battery, lalu nyalakan Low Power Mode.

Low Power Mode akan mengurangi aktivitas background dan mengurangi tingkat kecerahan layar, sehingga bisa menghemat konsumsi baterai agar tidak cepat habis.

2. Matikan Lokasi

Location Services atau layanan lokasi juga menjadi salah satu fitur yang menguras daya baterai iPhone. Karena itu, gunakan layanan lokasi seperlunya saja dan jangan pernah meninggalkan layanan lokasi dalam keadaan menyala secara terus menerus.

Bagi pengguna iPhone dengan iOS 13, mengatur layanan lokasi menjadi lebih mudah. Kalian bisa mengatur kapan iPhone harus membagikan data lokasi pada setiap aplikasi yang digunakan.

Terdapat 4 opsi yang diberikan pada setiap aplikasi yang meminta layanan lokasi: Never, Ask Next Time, While Using the App, Always.

Baca juga: Tokopedia Kini Bisa Diakses Tanpa Kuota Internet, Begini Caranya

3. Redupkan Layar

Layar yang terang benderang menguras baterai lebih cepat daripada layar yang redup. Caranya dengan masuk ke Control Panel, lalu ketuk menu Brightness, turunkan kecerahan hingga layar menjadi lebih redup.

Atau bisa juga dengan mengaktifkan fitur Auto-Brightness. Caranya masuk ke Settings, pilih Accessibility, lalu ketuk Display & Text Size, kemudian aktifkan Auto-Brightness.

Fitur tersebut akan mengatur kecerahan layar dengan menyesuaikan cahaya yang ada di lingkungan sekitarnya.

4. Aktifkan Dark Mode

Bila iPhone kalian sudah menggunakan iOS 13, kalian juga bisa mengaktifkan fitur Dark Mode atau Mode Gelap untuk mengurangi intensitas cahaya terang di layar. Caranya tinggal masuk Settings, pilih Display & Brightness, lalu aktifkan Dark Mode.

Berdasarkan hasil tes PhoneBuff, dengan mengaktifkan fitur Dark Mode, baterai iPhone diklaim bisa lebih hemat hingga 30 persen.

Terlebih beberapa aplikasi saat ini juga sudah terintegrasi dengan fitur Dark Mode, sehingga terbukti mampu menghemat baterai, terutama pada iPhone yang menggunakan layar OLED.

5. Kurangi Aktivitas Multimedia

Menonton film atau bermain game tidak dipungkiri menjadi salah satu penyebab borosnya baterai berbagai smartphone, tak terkecuali iPhone.

Menonton film berdurasi satu jam bisa menguras baterai sampai lebih dari 5 persen, sedangkan bila digunakan untuk main game online bisa lebih boros lagi karena iPhone harus bekerja ekstra keras menyampaikan perintah bolak balik ke server.

Maka dari itu, bila ingin baterai iPhone awet, kurangilah aktivitas menonton film dan bermain game. Kalau pun harus menonton dan bermain game, disarankan untuk mengurangi kecerahan, turunkan resolusi, dan pilih game-game sederhana seperti puzzle atau menyusun kata.

6. Matikan Koneksi Internet

iPhone yang selalu terhubung dengan koneksi internet tentunya akan mengonsumsi baterai terus menerus karena secara konstan perangkat akan menyedot data untuk keperluan chat, email, dan aplikasi.

Oleh karena itu, jika tidak sedang terlalu membutuhkan koneksi internet namun ingin iPhone tetap hidup maka kalian bisa mematikan koneksi internet seluler.

Caranya masuk Control Panel, ketuk tombol hijau untuk mematikan koneksi data seluler, atau bisa juga masuk ke menu Settings lalu pilih Cellular, kemudian matikan data seluler.

Baca juga: 3 Aplikasi Android Ini Bisa Kembalikan Data yang Sudah Terhapus

7. Aktifkan Airplane Mode

Hampir sama dengan cara sebelumnya, mengaktifkan Airplane Mode atau Mode Pesawat juga akan menghemat konsumsi baterai iPhone.

Airplane Mode bakal sangat berguna bagi kalian yang hanya membutuhkan fungsi smartphone tanpa harus terkoneksi sinyal internet ataupun sinyal telepon.

Cara mengaktifkan Airplane Mode yakni dengan masuk ke Control Panel, lalu ketuk ikon pesawat, atau bisa juga dengan mengakses Settings lalu ketuk Airplane Mode.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya