Modul Kamera iPhone 12 Sulit Direparasi oleh Pihak Ketiga

Annisa Fadillah . November 02, 2020

Foto : iFixit

Teknologi.id - Seorang teknisi dari iFixit melaporkan bahwa modul kamera di iPhone 12 kemungkinan besar tidak dapat diperbaiki oleh pihak ketiga. Laporan ini berdasarkan eksperimen yang telah ia lakukan terhadap uji reparabilitas. Bahkan, ia juga menyebutkan bahwa modul kamera ini tidak bisa saling ditukar ke sesama jenis iPhone 12 atau non-swappable.

iFixit memastikan bahwa ini bukan cacat perangkat keras, tetapi merupakan perubahan perangkat lunak yang mungkin sengaja atau tidak sengaja diperkenalkan oleh Apple. Berdasarkan manualnya, teknisi menjelaskan bahwa mereka perlu menjalankan aplikasi konfigurasi sistem terkait cloud milik Apple untuk sepenuhnya memperbaiki kamera dan layar pada iPhone 12.

Baca Juga : Penampakan iPhone 12 mini Terungkap, Masih Layak di 2020?

Dalam keterangan lebih lanjut, pada awalnya kamera tampak berfungsi, tetapi kemudian menjadi gagal total dalam penggunaan sebenarnya. Setelah penukaran, kamera hanya merespons mode tertentu, kadang-kadang hang, menolak untuk beralih ke mode ultra-wide, dan menjadi tidak responsif sama sekali pada beberapa kesempatan.

iFixit juga menggali panduan pelatihan internal resmi Apple untuk iPhone 12. Secara eksplisit, ini memberi tahu teknisi bahwa dalam mereparasi iPhone 12, mereka perlu menjalankan aplikasi konfigurasi sistem yang terhubung ke cloud milik Apple untuk memperbaiki kamera dan layar tersebut.

Di masa lalu, masalah yang sama sebenarnya pernah dilaporkan saat teknisi mencoba menukar layar LCD pada iPhone 7 dan iPhone 8 Plus. Apple beralasan bahwa hal ini disebabkan karena Apple menggunakan tiga pabrikan yang berbeda untuk ponsel tersebut. Kemungkinannya, alasan ini juga yang menjadi penyebab pergantian modul kamera antar iPhone 12 tidak bisa dilakukan. Namun, masih harus dilihat apakah masalahnya serupa atau apakah Apple dengan sengaja menghalangi perbaikan pihak ketiga.

"Ini bisa menjadi tweak perangkat lunak yang mungkin tidak sengaja diperkenalkan oleh Apple, karena prosedur reparasi yang dapat diketahui setelah masalah tersebut terungkap. Namun, sepertinya Apple tidak ingin perangkatnya diperbaiki oleh pihak ketiga. Bagi kami, hal ini tidak terlalu mengejutkan," jelas iFixit dikutip dari Gadgets 360.

iFixit sebelumnya memberikan skor reparasi 6 dari 10 untuk iPhone 12 ini, tetapi sekarang mempertimbangkannya kembali setelah masalah penggantian kamera baru muncul.

Baca Juga : iPhone 12 Diduga Tingkatkan Polusi Udara, Kok Bisa?

(af)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler